SOSIALISASI PERUNDUNGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 040443 KABANJAHE

Isi Artikel Utama

Dewi Afriany Susanti
Jainab Jainab
Srie Faizah Lisnasari
Datten Datten

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan perundungan di Sekolah Dasar Negeri 040443 Kabanjahe. Perundungan dapat memiliki dampak serius pada kesejahteraan fisik, mental, dan emosional anak-anak, serta merusak lingkungan belajar yang seharusnya aman dan inklusif. Kegiatan ini melibatkan penyuluhan, lokakarya, dan sesi interaktif untuk meningkatkan kesadaran, mengembangkan keterampilan sosial, dan memahami dampak negatif dari perundungan. Kolaborasi antara dosen, mahasiswa, guru, dan orang tua menjadi kunci dalam menciptakan lingkungan sekolah yang bebas dari perundungan. Tujuan kegiatan mencakup peningkatan kesadaran, menciptakan lingkungan sekolah yang aman, mengajarkan siswa mengenali tanda-tanda perundungan, dan membangun kerjasama yang kuat dalam menangani perundungan.


Pengabdian kepada masyarakat ini menggarisbawahi urgensi penanganan perundungan di Sekolah Dasar Negeri 040443 Kabanjahe. Dampak perundungan terhadap kesejahteraan fisik, mental, dan emosional anak-anak serta lingkungan belajar yang seharusnya aman memerlukan langkah serius. Meningkatkan kesadaran dan menciptakan lingkungan sekolah bebas dari perundungan menjadi prioritas untuk melindungi dan mendukung generasi muda. Kegiatan melibatkan penyuluhan, lokakarya, dan sesi interaktif yang dirancang untuk membantu siswa mengenali, mengembangkan keterampilan sosial, dan memahami dampak negatif perundungan. Kolaborasi dosen, mahasiswa, guru, dan orang tua membangun jembatan komunikasi kuat dalam menangani perundungan dan memberikan dukungan kepada korban. Tujuan kegiatan termasuk peningkatan kesadaran, menciptakan lingkungan sekolah aman dan inklusif, mengajarkan siswa mengenali tanda-tanda perundungan, dan membangun kerjasama antara siswa, guru, dan orang tua. Hasil yang diharapkan mencakup peningkatan kesadaran, pengembangan keterampilan sosial siswa, penurunan insiden perundungan, terbentuknya jembatan komunikasi efektif, serta pemahaman dan sikap positif terhadap perundungan di kalangan siswa, guru, dan orang tua.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Susanti, Dewi Afriany, Jainab Jainab, Srie Faizah Lisnasari, dan Datten Datten. “SOSIALISASI PERUNDUNGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 040443 KABANJAHE”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 1 (Februari 8, 2024): 150–156. Diakses Februari 27, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1779.
Bagian
adam

Referensi

Espelage, D. L., & Swearer, S. M. (Eds.). (2010). Bullying in American schools: A social-ecological perspective on prevention and intervention. New York, NY: Routledge.

Olweus, D. (1993). Bullying at school: What we know and what we can do. Malden, MA: Blackwell.

Rigby, K. (2012). Bullying interventions in schools: Six basic approaches. New York, NY: Wiley.

Swearer, S. M., Espelage, D. L., Vaillancourt, T., & Hymel, S. (Eds.). (2010). What can be done about school bullying? Linking research to educational practice. New York, NY: Wiley.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama