UPAYA GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGAKAN KECERDASAN MORAL SISWA DI KELAS X PONDOK PESANTREN MODEREN BAHARUDDIN
DOI:
https://doi.org/10.37081/kwn.v2i01.1673Kata Kunci:
Upaya Guru PKn, Kecerdasan Moral Siswa.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru PKn dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa, hambatan-hambatan yang dialami guru PKn dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa, dan bagaimana upaya guru PKn dalam mengatasi hambatan tersebut. Adapun informannya kepala sekolah, guru PKn, kesiswaan, guru wali kelas, guru pesantren, satpam, siswa, kantin sekolah, tokoh masyarakat, orang tua siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru PKn dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa di sekolah sebagai contoh, pemberi nasehat, pembimbing, pembiasaan, agen moral, komunikator. Adapun hambatan yang dialami guru PKnkarena kurangnya jam pelajaran PKn, kesulitan membina hubungan, kurangnya kerjasama antara pihak sekolah dengan orang tua siswa, sikap masa bodoh yang tidak mendengarkan nasehat guru. Kemudian upaya guru PKn dalam mengatasi hambatan tersebut, pihak sekolah harus menyediakan guru bimbingan konseling kedepannya, memberikan perhatian khusus, nasehat dan motivasi yang baik, memberikan masukan kepada orang tua siswa agar mau bekerjasama dengan pihak sekolah dalam mendidik dan mengarahkan anaknya.
Referensi
Branson, 2006. Belajar Civic Aducation. Yogyakarta: Lembaga kajian Islam dan Sosial
Djamarah, Syaful Bahri Dan Aswan Zain. 2010 Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Durkeim, 2016. Pendidikan Moral. Jakarta: Erlangga.
Carl, Rogers. 2008. Sebuah Kepribadian, interpersonal, elationships. Sebagai: Devel opedDi the &aru-dia ntered&ingkaiwork. ( study psikologi).
Rosyid. 2015. Esai-esai Toleransi. Yogyakarta: Tim Idea Press.
Skinner, 2009. Science Human Behaviour. Yogyakarta: gava media.
Thomas, Aquinas, 2005. Menanamkan hati nurani. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan karakter (Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban ). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Winataputra. 2007. Civic Education Konteks, Landasan Bahan Ajar, Kultur kelas. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
Zamroni. 2013. Peran Guru PKn dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Digraf publishing.
Zubaedi, 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Riswandi Harahap; Sahrudin Pohan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.