PERANAN GURU PKn DALAM MENINGKATKAN ETIKA BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMA S MUHAMMADIYAH 11 PADANGSIDIMPUAN
Kata Kunci:
Peranan Guru, Meningkatkan, Etika, BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendesripsikan: 1) faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya etika belajar siswa di kelas XI SMA S Muhammadiyah 11 Padangsidimpuan 2)hambatan yang dihadapi guru PKn dalam membina etika belajar siswa di SMA S Muhammadiyah 11 Padangsidimpuan 3) peranan guru PKn dalam meningkatkan etika belajar siswa di SMA S Muhammadiyah 11 Padangsidimpuan. Peneliti menggunakan metode kualitatif. Adapun informannya kepala sekolah, tata usaha, wali kelas, guru PKn, siswa, dan orang tua siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diketahui peranan guru PKn dalam meningkatkan etika belajar siswa sebagai orang yang mendidik agar etika siswa tersebut dalam belajar menjadi lebih baik serta adanya dukungan serta motivasi dari orang tua dalam pembelajaran anak di rumah membuat si anak tersebut menjadi lebih bersemangat lagi. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi etika belajar siswa adalah 1) faktor lingkungan serta orang tua yang kurang memperhatikan anaknya ketika belajar 2) faktor pola pikirnya seorang siswa tentang etika belajar masih kurang.
Referensi
Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional. Jakarta.
K, Bertens., (2004). Etika, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Sagala, syaiful., (2017), Etika dan Moralitas Pendidikan, PT Kharisma Putra Utama, Jakarta.
Tarihoran, E. (2019). Guru dalam Pengajaran Abad 21. SAPA- Jurnal karakteristik Dan
Pastoral.
Tilaar, H.A.R., (2009). Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran kekuasaan, PT
Rineka Cipta, Jakarta.
Wibowo, I. S., & Maqfirotun, S. (2016). Peran Guru dalam membentuk Tanggung
Jawab Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Riswandi Harahap; Jefri Faisal
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.