STRATEGI MENGAJAR GURU PKN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN TAPANULI SELATAN

Penulis

  • Riswandi Harahap
  • Sahrudin Pohan Institut Pendidikan Tapanulis Selatan

Kata Kunci:

minat, strategi mengajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) strategi mengajar guru PKn dalam meningkatkan minat belajar, (2) kendala yang di temukan dalam strategi mengajar guru PKn, dan (3) upaya yang dilakukan guru PKn dalam meningkatkan minat belajar. Subjek penelitian adalah siswa di kelas XI MAN Tapanuli Selatan dan objek  penelitian adalah strategi mengajar guru PKn dalam meningkatkan minat belajar siswa di kelas XI MAN Tapanuli Selatan. Metode penelitian adalah kualitatif dan informan penelitian kepala sekolah, guru PKn, wali kelas dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1). Strategi mengajar guru dalam meningkatkan minat belajar dalam proses pembelajaran meliputi menyampaikan materi sesuai kompetensi dasar, merancang skenario mengajar sesuai kompetensi dasar, dan pembelajaran kooperatif, (2) Kendala yang ditemukan strategi mengajar guru PKn dalam meningkatkan minat belajar meliputi siswa kurang memahami materi yang diajarkan, kurangnya mental siswa saat menerima pelajaran, kurang motivasi siswa, dan keterbatasan waktu dalam memberikan pelajaran materi, dan (3). Upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan minat belajar siswa  meliputi memilih metode mengajar yang tepat, memberikan perhatian khusus, dan memberikan kesempatan menjadi pemimpin

Referensi

Chan Faizal,Strategi Guru Dalam Penelolahan Kelas. Jurnal Internasional Pendidikan Dasar, Vol 3, No 4, 2019

Dewa Putu Yudhi Dan Ana Widyastuti, Metode Pembelajaran Guru. Purwokerto:Yayasan Kita Menulis,2021.

Evi Tobeli, Pengangguran Penggunaan Model Pembelajaran Aktivelearning Terhadap Minat Belajar Siswa Program Studi Pendidikan Agama Kristen Di Ukrinyogyakarta “Jurnal Penabibios Edisi Ke 22,2019,26,26

Haudi. 2021. Strategi Pembelajaran, Sumatera Barat: Insan Cendikiawan Mandiri.

Harliji. Strategi Guru dalam Membangun Lingkungan Belajar Yang Kondisif. Jurnal Pendidkan Dan Pembelajaran Vol 23, No 1 2016

Haksaarinta.. “Pembelajaran Inkuiri Di Masa Pandemi”. Sleman: Hak Cipta, 2020

Hidayat.Pengembangan Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.2019.

Lexy J Meleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2019

Nana Sujaya, Penelitian Dan PenelitianPendidikan, Bandung: Sinar Baru. 2018

Niko Riski, Tingkat Minat Belajar Siswa, Bimbingan Dan Konseling STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh, Vol. 1. No.11 April 2021.

Ria Yusnitarisa, Pengaruh PembelajaranDaring Terhadap Minat Belajar Siswa, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol, No 3. 2020

RicuSidiq,Dkk, Strategi Belajar Menjadi Guru Sukses, Jakarta Yayasan Kita Menulis: 2019

Robert Bogdan Stevan, Kualitatif Dasar Penelitian, Surabaya: Usaha Nasional. 2011.

Syaiful & Aswan. Strategi Belajar Mengajar,Jakarta: Rineka Cipta. 2018

Sesra Budi, Strategi Manejemen Sekolah Vol, No 2, Juli-Desember 2019

Siregar Rosmita&Mawantiarintentrem,Strategi Pembelajaran, (Purwakerto Yayasan Kita Menulis 2021)

Sumardi Hanafi,” Strategi Belajar Mengajar“.Surabaya: CV.2020.

UU No 20 Tahun 2023 Tentang Sistem Pendidikan.

Wahyudin Nur Nasution &Aidah Ritonga, Strategi Pembelajaran Koperatif Konsep Diri Dan Hasil Belajar Sejarah. Medan : CV Widya Puspita,2019.

Wijoyo Hadiono, “Strategi Pembelajaran”. Sumatra Barat: CV Insan Cendikiawan. 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-15

Cara Mengutip

Harahap, R., & Pohan, S. (2024). STRATEGI MENGAJAR GURU PKN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN TAPANULI SELATAN. JURNAL KEWARGANEGARAAN, 3(02). Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/kwn/article/view/2128

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >>