STARTEGI GURU PKN DALAM MENANGGULANGI PENYALAGUNAAN GADGET PADA SISWA DI KELAS X SMK N 1 PORTIBI
Kata Kunci:
Strategi, Penyalagunaan Gadget, Guru PKnAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menerapkan kondisi penyalagunaan gadget siswa dalam menanggulagi penyalagunaan gadget pada siswa dan, 4) Untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan guru Pkn dalam mengurangi penggunaan penyalagunaan gadget pada siswa di SMK N 1 Portibi. Metode penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah Strategi Guru PKn dalam Meningkatkan Disiplin Siswa Dalam Pembelajaran di Kelas X SMK N 1 Portibi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PKn, guru Bk dan siswa SMK N 1 Portibi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik keabsahan data penelitian ini menggunakan triagulasi. Peningkatan kedisiplinan siswa dalam belajar di kelas X SMK N 1 Portibi dapat dikatakan berhasil. Hasil penelitian dilakukan melalui wawancara langsung kepada beberapa narasumber bidang SMK N 1 Portibi serta kajian dokumen yang dimiliki oleh Kepala Sekolah, Guru PKn, Guru Kelas dan siswa. Dapat disimpulkan bahwa Strategi Guru PKn telah berupaya dengan baik dalam memberikan bimbingan, arahan, motivasi dan semangat kepada siswa, namun masih terdapat beberapa siswa yang melanggar nilai-nilai kedisiplinan di sekolah. Kemudian, masih diperlukan strategi guru PKn dalam memberikan bimbingan dan arahan dalam meningkatkan kedisiplinan dalam pembelajaran.
Referensi
Ari Ruzz Media, 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta, Az Ruzz Media
Erga Trivaika dan Mamok Andri Senubekti, 2022. Perancangan Aplikasi Pengelolaan keuangan Pribadi berbasis android, ISSN : 2614-5405. Jurnal Nuansa Informatika
Fitriana, 2020. Pengaruh Penggunaan gadget terhadap perilaku remaja dalam keluarga, ISSN : 4044, Banda Aceh
Haidir dan Salim, 2012. Strategi Pembelajaran, Medan, Perdana Mulya Sarana
Hariyanto dkk, 2015. Pola Interaksi Siswa Pada Pennggunaan Gadget. Semarang, Agung Nugroho
Hastri Rosiyanti dan Rahmita Nurul Muhtmainnah, 2018. Penggunaan gadget Sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Beajar Pada Mata Kuliah matematika Dasar, Jurnal Pendidikakan Matematika dan Matematika
Isnu Hidayah, 2019. Strategi Pembelajaran Populer, Yogyakarta, Divapress
Mulyono, 2018. Strategi Pembelajaran di abad Digital, Brosogalur, Gawe Buku All Right Resevert
Nando Yulhaisa dkk, 2020. Pengaruh Gadget Pada Anak-Anak, Jombang, LPPM Unhasy Tebulreng Jombang
Nuning Indah Pratiwi, 2017. Penggunaan Meida Video Call dalam Teknologi Komunikasi.
ISSN : 2581-2424, Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial
Siti Nurhasanah dkk, 2019. Strategi Pembelajaran, Cipayung, Edu Pustaka
Zhahara Yusra dkk, 2021. Pengelolaan LKP Pada masa pandemic Covid-19,ISSN :2715-9809, Journal of Lifelong Learning
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Riswandi Harahap; seri surianti
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.