PERANAN GURU PKN DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEJUJURAN SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN
DOI:
https://doi.org/10.37081/kwn.v3i01.1818Kata Kunci:
Peranan Guru, Membentuk Karakter KejujuranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui peran guru dalam membentuk karakter kejujuran siswa kelas VII SMP N 5 Padangsidimpuan.2) Untuk mengetahui metode yang dilakukan oleh guru dalam membentuk karakter kejujuran siswa kelas VII SMP N 5 Padangsidimpuan. 3) Untuk mengetahui apa saja perilaku tidak jujur yang terjadi di SMP N 5 Padangsidimpuan. Metode penelitian kualitatif. Objek penelitian adalah Peranan Guru PKn Dalam Membentuk Karakter Kejujuran Siswa Di Kelas VII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Informan dalam penelitian ini adalah Guru PKn dan Sebagian siswa siswi SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Subjek dalam penelitian ini Guru PKn dan Sebagian siswa siswi SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Berdasarkan analisis deskriptif yaitu Peranan Guru PKn Dalam Membentuk Karakter Kejujuran Siswa Di Kelas VII SMP 5 Padangsidimpuan sebagai contoh, sebagai pengelola kelas, sebagai penilai. Faktor-faktor penyebab rendahnya karakter kejujuran siswa di Kelas VII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan yaitu faktor lingkungan. Upaya yang dilakukan guru PKn dalam mengatasinya ialah dengan memberikan dorongan dan memberikan contoh yang baik agar siswa tidak berperilaku menyimpang dan menetapkan aturan agar siswa patuh dan tidak melanggarnya.
Referensi
A, Doni Koesoema. 2007. Pendidikan Karakter: Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Abdul Halim Mahmud, Ali. "Akhlak Mulia", Jakarta : Gema Insani Pres. Cet.1 2017
Ahmad, Sabri. 2010. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Jakarta: PT Ciputat Press
Cahyani, Karina & Dinie Anggraeni Dewi. Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Agar Menciptakan Siswa yang Berkualitas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol. 9 No. 2 tahun 2021;277
Dharma Kesuma. 2012. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunawan, Indra. Sofyan Sauri dan Ganjar m Ganeswara. Internalisasi nilai moral melalui keteladanan guru pada proses pembelajaran di ruang kelas. Jurnal kajian Pendidikan umum. Vol. 18 No. 1 tahun 2019:5-6
Home-Artikel – Pengertian Metode Penenlitian dan Jenis-Jenisnya yang Perlu Kita Ketahu ihttp://ujione.id
Imam, Wahyudi. 2012. Mengejar Profesionalisme Guru Strategi Praktis Mewujudkan Citra Guru Professional. Jakarta: Prestasi Jakarta.
Maksudin. 2013. Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mohamad Mustari. (2011). Nilai Karakter. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo
Pangwijaya, Steven. “Penting Moral dalam Kehidupan” http://www.kompasiana.com (Diakses 30 Juni 2021)
Rahman, Syaiful. “Tuntutan Sebagai Guru Dalam Era Milenial” http://pena.belajar.kemdikbud.go.id (Diakses 20 Maret 2019).
Rudianto. “Pendidik: Antara Tuntutan sprofesi dan Panggilan Hati Nurani” http://kepri.kemenag.go.id (Diakses 17 November 2021).
Satori, Djam’an & Aan Komariah. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta
Sayidah, Nur. 2018. Metodologi Penelitian. Sidoarjo: Zifatama Jawara
Siyoto, Sandu & M. Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Pendidikan. Yogyakarta: Literasi Media Publishing
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen ( Cetakan ke 3) Bandung: Alfabeta.
Waty, Anna. Hubungan Interaksi Sosial dengan Perkembangan Moral pada Remaja di SMA UISU Medan. Jurnal Psikologi Pendidikan. Vol. 10 No. 1 tahun 2017:17-18
Yaumi, Muhammad. (2014). Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Riswandi Harahap; kasmudin harahap
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.