PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI BENCANA ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 084081 SIBOLGA
Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi memperbaiki hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 084081 Sibolga. Kurangnya pemahaman dan variasi penerapan pembelajaran siswa dapat dilijat dari hasil belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menyarankan salah satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran contextual teaching and learning. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen dengan sampel 15 orang serta menggunakan teknik pengambilan data simple random sampling dari 83 siswa. Observasi dan tes digunakan untuk mengumpulkan data. Berdasarkan analisis dapat ditemukan a. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan model contextual teaching and learning adalah 53,33 dengan kategori kurang dan b. Rata-rata hasil belajar sesudah menggunakan model contextual teaching and learning adalah 85,33 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil perhitungan data statistic menggunakan uji t (SPSS 22), hasilnya menunjukkan nilai signifikan thitung>ttabel dengan diperoleh nilai uji t 3,091>1,761. Hal ini berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan model contextual teaching and learning pada mata pelajaran ips materi bencana alam terhadap hasil belajar siswa kelas v di SD Negeri 084081 Sibolga.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Farah, Atika dkk. 2017. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextumal Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu Siswa. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung.
Handayaningsih, Sri. 2018. Bersahabat dengan Bencana Alam. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan Kebudayaan.
Rangkuti, Ahmad Nizar. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Tutut Rahmawati. 2018. Penerapan Model Pembelajaran CTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Vivi Angela. dkk. 2018. Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Materi Energi dan Perubahannya Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas III SDN 24 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar. Vol.5, No.2 Edisi November 2018
______.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Jakarta.