PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI KELAS V SD NEGERI 100670 HUTAIMBARU KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA

Isi Artikel Utama

Santi Delina
Sartika Rati Asmara Nasution
Nurbaiti Nurbaiti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing pada peserta didik di kelas V SD Negeri 100670 Hutaimbaru pada pembelajaran matematika materi bangun datar dan bangun ruang. Jenis penelitian ini menggunakan PTK (Classroom Action Research). Peningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar dan bangun ruang menggunakan model pembelajaran snowball throwing di kelas V SD Negeri 100670 Hutaimbaru. Pelaksanaan pembelajarandi kelas V SD Negeri 100670 Hutaimbaru melalui model pembelajaran snowball throwing atau kerja kelompok yaitu dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Dalam proses pembelajaran, peneliti memiliki tiga tahapan kegiatan yaitu kegiatan awal atau pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan akhir atau penutup.Dengan penerapan model snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa terbukti dengan diperolehnya pada setiap siklusnya. Peningkatan hasil belajar pada siklus I mencapai 60% (kategori cukup) dimana 12 orang siswa tuntas dan 40% dimana 10 orang siswa tidak tuntas. Selanjutnya siklus II menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 80% (kategori baik) dimana 18 orang siswa dan 20% dengan 4 orang siswa tidak tuntas.


 


Kata kunci :Peningkatan, Hasil Belajar, Model Snowball Throwing,Bangun Datar dan Bangun Ruang

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Delina, Santi, Sartika Rati Asmara Nasution, dan Nurbaiti Nurbaiti. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI KELAS V SD NEGERI 100670 HUTAIMBARU KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 2 (Mei 20, 2023): 372–378. Diakses Desember 22, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1175.
Bagian
Artikel

Referensi

Achdiyat, M. 2018. Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 2 No. 1. 12 Januari 2022

Arif Syaiful. 2017. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowbal ThrowingTerhadap Hasil Belajar Dan Minat Peserta Didik (Meta-analisis Data). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol. 06 No. 03. 13 januari 2022

Arikunto, Suharsimi,Dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Huda I Made. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII SMP Negeri 5 Tejakula. Jurnal Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik informasi. Vol. 6 No.1. . 13 Januari 2022

Isnaini, M. 2016. Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 2 No. 1. 12 Januari 2022

Mansur, R. 2018. Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 2 No. 1.14 Januari 2022

Rusman. 2013. Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri Pontianak.. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. 2019. Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. Vol.2 No.1. 14 Januari 2022

Suprijono, Agus. 2014. Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pendekatan Resource Based Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah. Vol. 1 No.1. 13 Januari 2022

Paizaluddin. 2014. Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pendekatan Resource Based Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah. Vol. 1 No.1. 13 Januari 2022

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 3 4 5 6 7 8