PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA SUHU DAN KALOR DI KELAS V SD NEGERI 200402 SABUNGAN JAE

Isi Artikel Utama

Winna Oria Hutasuhut
Samakmur Samakmur
Sartika Rati Asmara Nasution
Edysyah Putra

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran nyata tentang 1) Untuk Mengetahui Apakah Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Sub Tema Suhu Dan Kalor di Kelas V SD Negeri 200402 Sabungan Jae, 2) Untuk Mengetahui Apakah Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Tema Suhu dan Kalor di Kelas V SD Negeri 200402 Sabungan Jae dan 3) Untuk Mengetahui Gambaran Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Sub Tema Suhu dan Kalor di Kelas V SD Negeri 200402 Sabungan Jae. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), objek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri No. 200402  Sabungan Jae Tahun Pelajaran 2021-2022Tahun Pelajaran 2021-2022. Selanjutnya ditetapkan subjek adalah karena penulis melihat aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Sub Tema Suhu Dan Kalor yang sangat rendah. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah observasi dan tes. Hasil Belajar siswa meningkat melalui model pembelajaran snowball throwing pada sub tema suhu dan kalor di Kelas V SD Negeri 200402 Sabungan Jae dapat dilihat peningkatan ketuntasan belajar pada setiap siklusnya. Pada awal observasi siswa yang tuntas sebanyak 8 orang atau 33,33% dan tidak tuntas sebanyak 16 orang atau (66,67%), setelah diberi perlakuan siklus I siswa yang tuntas hanya 9 atau 37,50% dan tidak tuntas 15 orang (62,50%) setelah diadakan perbaikan pembelajaran pada siklus II, siswa tuntas menjadi 19 orang atau 79,77% dan tidak tuntas 5 orang (20,83%)  dan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebanyak 10 siswa 42,27%.


Abstract


This study aims to find out a real picture of 1) To find out whether the application of the Snowball Throwing Learning Model Can Improve Student Learning Activities on the Sub-theme of Temperature and Heat in Class V SD Negeri 200402 Saudarangan Jae, 2) To find out whether the application of the Snowball Throwing Learning Model can improve Student Learning Outcomes on the Sub-theme of Temperature and Heat in Class V of SD Negeri 200402 Sabangan Jae and 3) To find out the description of the application of the Snowball Throwing Learning Model on the Sub-theme of Temperature and Heat in Class V of SD Negeri 200402, Sampangan Jae. The type of research is Classroom Action Research (CAR), the object of this research is the fifth grade students of SD Negeri No. 200402 Jae Fighting for the Academic Year 2021-2022 for the Academic Year 2021-2022. Furthermore, the subject was determined because the author saw the activity and student learning outcomes on the very low temperature and heat sub-theme material. The instruments used as a data collection tool are observation and tests. Student learning outcomes increased through the snowball throwing learning model on the sub-theme of temperature and heat in Class V SD Negeri 200402 in the form of a learning mastery in each cycle. At the beginning of the observation, there were 8 students who completed or 33,33% and 16 people did not complete or (66.67%), after being given the treatment in the first cycle, only 9 or 37.50% of students completed and 15 people did not complete (62 ,50%) after the improvement of learning in the second cycle, students completed to 19 people or 79.77% and not completed 5 people (20.83%) and experienced an increase from cycle I to cycle II as many as 10 students 42.27%

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hutasuhut, Winna Oria, Samakmur Samakmur, Sartika Rati Asmara Nasution, dan Edysyah Putra. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA SUHU DAN KALOR DI KELAS V SD NEGERI 200402 SABUNGAN JAE”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 4 (November 30, 2022): 381–392. Diakses November 21, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1197.
Bagian
Artikel

Referensi

Ahmadi, Abu, 2008. Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬_________________, 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka. Cipta.

Hamalik, Oemar, 2014. Teknologi dalam Pendidikan, Bandung: PT Rineka. Cipta.

Hamzah. B. Uno, 2011. Nurdin Mohammad, Belajar dengan Pendekatan PAILKEM, Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono ,2017 . Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi. Kesepuluh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Huda, Miftahul, 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.

Mulyono, Abdurrahman, 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Purwanto, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

________ ,2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Roestiyah N,K. 2012, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kristianto, J. 2007. Perancangan Sistem Informasi Dan Aplikasinya, Gitarpedia: Buku Pintar Gitaris.

Rusman, 2011, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme. Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sudjana , 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana, 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus, 2010. Cooperative Learning. Surabaya. Pustaka Pelajar.

Syaiful, Sagala ,2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Sahri.

Taniredja, Rukiran, 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.