MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG SATUAN PANJANG MELALUI METODE BERNYANYI BAGI KELAS V UPT SD NEGERI 182 GRESIK

Isi Artikel Utama

Nurbaiti Nurbaiti
Fitriah Kustin

Abstrak

Hasil belajar siswa merupakan proses untuk menentukan nilai belajar siswa melalui kegiatan penilaian atau pengukuran hasil belajar. Hasil belajar juga merupakan kemampuan- kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah mengalami proses pembelajaran. Pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sebagian besar anak tidak menyukainya karena dianggap sulit oleh beberapa anak. Dalam meningkatkan hasil belajar matematika yang masih rendah dalam materi satuan panjang maka diperlukan kreativitas guru agar pembelajaran lebih menyenangkan. Dalam penelitian ini menggunakan metode bernyanyi tujuan dari metode ini adalah meningkatkan daya ingat siswa dalam materi pembelajaran. Metode bernyanyi sangat diminati siswa apalagi siswa Sekolah Dasar karena pada dasarnya metode ini dapat meningkatkan siswa untuk semangat dalam belajar. Dengan adanya metode bernyanyi guru dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menarik.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nurbaiti, Nurbaiti, dan Fitriah Kustin. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG SATUAN PANJANG MELALUI METODE BERNYANYI BAGI KELAS V UPT SD NEGERI 182 GRESIK”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 4 (November 30, 2022): 451–459. Diakses Mei 23, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1279.
Bagian
Artikel

Referensi

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. 2018. Analisis Keterampilan Bepikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, (Online), Vol.35 No.1. (https://journal.unnes.ac.id)

Dwi Prananda, Aditya. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kubus Ajaib Materi Satusn Berat dan Panjang untuk siswa Kelas 3 SD. Yogyakarta: Universitas Santa Dharma.

Eka Putra, Randi, dkk. (2020). Penggunaan Alat Peraga Sederhana Tangga Satuan Berat dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Demonstrasi. Jurnal Muara Pendidikan.

Intan Rizkiyani, Mutia & Amelia Winda. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Satuan Panjang Melalui Media Flash Card Pada Siswa Kelas IIB SDN Kayuringin VI Bekasi. Bekasi: Universitas Trilogi Jakarta.

Irmawati, Dwi Agustin. (2020). Media Pembelajaran Matematika. Tulungagung: Pemeral Edukreatif. 4-5

Isrok’atun & Rosmala Amelia. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Bumi Askara.

Lestari, Fipin, dkk. (2020). Memahami Krakteristik Anak. Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia.

Maisaroh. (2022). Pendidikan Matematia di Sekolah Dasar. Bandung: Media Sains Indonesia

Mulyasa. 2012. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. 2012. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Lusi, Samuel S., dan Ricky A. N. 2013. Asyiknya Penelitian Ilmiah dan Penelitian Tindakan

Kelas. Yogyakarta: Andi Offset

Satria Pradja, Novi. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Bagan Tangga Satuan Panjang Terhadap Motivasi Belajar dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Universitas Kuningan.

Tilaar, H.A.R. 2011. Pedagogik Kritis. Jakarta : Rineka Cipta

Wahyu Lestari, Lailatul. (2021). Media Tangga Pintar untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Satuan Alat Ukur.

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika SD. Universitas Muhamadiah Malang. Malang: UMM Press.

Yuhasriati. 2012. “Pendekatan Realistik Dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal. Jurnal Peluang. Vol. 1. No. 1. Hal 81 – 87.

https://ainamulyana.blogspot.com/2012/01/pengertian-hasil-belajar-dan-faktor.html.

Tanggal akses 03 November 2022.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 > >>