PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY DI KELAS III SD NEGERI NO 101720 MANGALEDANG TAHUN AJARAN 2019/2020

Isi Artikel Utama

Tiurlan Tiurlan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan unuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi IPA Macam-macam Energi dan Sumbernya dengan menggunakan metode discovery. Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaran metode discovery, subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 101720 Mangaledang T. A 2019/2020 yang berjumlah 20 siswa. Data dikumpulkan dengan mengunakan tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Soal yang diberikan 3 kali yaitu tes awal, siklus I, siklus II, sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Dimana nilai standar ketuntasan belajarnya adalah 70. Apabila nilai siswa kurang dari 70, maka siswa dikatakan tidak tuntas.


Pada saat dilaksanakan Pretest dapat diketahui bahwa dari 20 siswa sebanyak 7 siswa (35%) tuntas, dan sebanyak 13 siswa (65%) tidak tuntas. Siklus I dapat diketahui bahwa dari 20 siswa sebanyak 13 siswa (65%) tuntas dan sebanyak 7 siswa (35%) tidak tuntas dengan rata-rata kelas 63,5. Jika dibandingkan dengan nilai dengan tes awal, maka telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan tes siklus II dapat diketahui sebanyak 20 siswa (90%) yang tuntas dan sebanyak 2 siswa (10%) yang tidak tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata 81,75. Setelah dilakukan pembelajaran dan tes pada siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar siswa pada materi IPA Macam-macam Energi dan Sumbernya dan sekaligus menandakan bahwa tidak perlu lagi diadakan siklus berikutnya.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Tiurlan, Tiurlan. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY DI KELAS III SD NEGERI NO 101720 MANGALEDANG TAHUN AJARAN 2019/2020”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 1 (Februari 1, 2021): 1–10. Diakses Oktober 6, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/14.
Bagian
Artikel