PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANG BULAT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 153075 PINANGSORI

Isi Artikel Utama

novenita berlinasari sarumpaet
Habib Rahmansyah
Sartika Rati Asmara Nasution

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada peserta didik kelas IV SD Negeri 153075 Pinangsori 4 pada mata pelajaran matematika materi bilangan bulat. Jenis penelitian ini menggunakan PTK (Penelitian Tindak Kelas). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 153075 Pinangsori 4 yang berjumlah 19 orang yang terdiri dari 14 laki-laki dan 5 orang perempuan. Sedangkan objek peneliti ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bilangan bulat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil siklus I menunjukkan hasil observasi guru dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran sebesar 80% (katagori baik) dan rata-rata hasil belajar siswa 57,89 dimana 7 peserta didik (36,8%) yang tuntas dan 12 peserta didik  (63,2%) yang tidak tuntas. Selanjutnya siklus II menunjukkan hasil observasi dari guru kegiatan pembelajaran sebesar 86% (kategori amat baik) dan rata-rata siswa 71.7 dimana 78,9% peserta didik tuntas dalam pembelajaran matematika materi bilangan bulat. Disimpulkan mata pelajaran matematika materi bilangan bulat dapat ditingkatkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada peserta didik kelas IV SD Negeri 153075 Pinangsori 4.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
berlinasari sarumpaet, novenita, Habib Rahmansyah, dan Sartika Rati Asmara Nasution. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANG BULAT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 153075 PINANGSORI”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 4 (November 30, 2022): 413–422. Diakses Desember 3, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/531.
Bagian
Artikel

Referensi

Arafat, M.L (2018). Pembelajaran PPKN Teori Pengajaran Abad 21 di SD/MI. Yogyakarta: Samudra Biru.

Fathurrohman, Muhammad. (2017). Model-model Pembelajaran. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Octavia. A.S. (2020). Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublist Cv Budi Utama.

Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Tindak Kelas. Jakarta : Kencana.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>