PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA SUHU DAN KALOR KELAS V SDN 153064 LOPIAN 1

Isi Artikel Utama

Fitri Ani
Nurbaiti Nurbaiti
Mara Judan Rambey

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 153064 Lopian 1 pada Subtema Suhu dan Kalor Melalui Model Contextual Teaching and Learing (CTL) Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian ini terdiri dari 2 Siklus, Setiap Siklus tersebut meliputi tahap perencanaan, tindakan, Observasi dan refleksi.  Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 153064 Lopian 1 siswa Laki-laki 9 orang dan siswa perempuan 11 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Instrumen-instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan lembar observasi. Jenis data dalam penelitian ini adalah Kualitatif, kriteria keberhasilan yang dicapai siswa maupun guru dalam penelitian ini dilihat dari adanya perubahan kearah perbaikan dan meningkatnya hasil belajar siswa. dan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada Subtema Suhu dan Kalor. Hal itu terlihat dari persentase nilai siswa yang mencapai nilai KKM pada Subtema Suhu dan Kalor. Berdasarkan analisis data belajar siswa diperoleh , pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebanyak 7 orang atau 35% dan persentase yang tidak tuntas sebesar 13 orang atau 65% dengan nilai rata-rata 66,25. Sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 17 orang atau 85% Sedangkan yang tidak tuntas sebesar 3 orang atau 15% dengan nilai rata-rata siswa 80,75. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan Hasil belajar siswa pada Subtema Suhu dan Kalor di Kelas V SDN 153064 Lopian 1.


 


Kata Kunci:  Hasil Belajar, Model Contextual Teaching and Learning, Siswa Kelas V SDN 153064 Lopian 1.


 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ani, Fitri, Nurbaiti Nurbaiti, dan Mara Judan Rambey. “PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA SUHU DAN KALOR KELAS V SDN 153064 LOPIAN 1”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 2 (Mei 20, 2023): 460–470. Diakses Maret 4, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1424.
Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto , dkk . 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Irham. 2017. Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sanjaya. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudijono. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, konsep, Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) . Jakarta: Prenada Media.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>