PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SUB TEMA HEBATNYA CITA-CITAKU KELAS IV SD NEGERI 200117 SADABUAN PADANGSIDIMPUAN

Isi Artikel Utama

Royhanun Siregar
Nur Auliyah
Sukriadi Hasibuan
Monica Theresia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran di Kelas IV SD Negeri 200117 Sadabuan Padangsidimpuan. Untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada sub tema Hebatnya cita-citaku di Kelas IV SD Negeri 200117 Sadabuan Padangsidimpuan. Penelitian ini akan dilaksanakan di SD Negeri 200117 Sadabuan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV-A di SD Negeri 200117 sadabuan yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan  hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket, dan tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan ada yang bersifat kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan Hasil pengamatan angket minat belajar siswa diperoleh skor terendah 46 sedangkn skor tertinggi 80. Kemudian hasil pengamatan terhadap hasil tes belajar siswa dalam pembelajaran dengan skor terendah 27 sedangkan skor tertinggi 88 diperoleh nilai rata-rata hasil siswa dalam pembelajaran sebesar 71 yakni berada pada kategori baik. Hasil tes yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata keseluruhan tes sebesar 71 dimana dari 30 siswa yang di tes terdapat sebanyak 9 siswa tidak tuntas dan sebanyak 21 siswa tuntas.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Siregar, Royhanun, Nur Auliyah, Sukriadi Hasibuan, dan Monica Theresia. “PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SUB TEMA HEBATNYA CITA-CITAKU KELAS IV SD NEGERI 200117 SADABUAN PADANGSIDIMPUAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 6, 2022): 144–152. Diakses April 27, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/162.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >>