UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 5 SUBTEMA 1 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS VISUAL DI KELAS III SDN 152981 TUKKA 1A

Isi Artikel Utama

Nova Yanti Siahaan
Nurzanna Nurzanna
Gebby Maureen Pricillia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada tema 5 subtema 1 Keadaan cuaca di kelas III SD Negeri 152981 Tukka 1A. menggunakan media berbasis visual. Untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada tema 5  subtema 1 materi gaya dan gerak di kelas IV SD Negeri 100209 Tn. Sukaramai dengan menggunakan media berbasis visual. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian PTK. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di SD Negeri152981 Tukka 1A. yang berjumlah 11 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan media berbasis visual. Berdasarkan  hasil penelitian yang dilakukan secara bersiklus pada siklus I hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 7 orang dengan persentase  63%  sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 4 orang dengan persentase  36%.  Dan pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 9 orang dengan persentase 81% sedang yang belum mencapai KKM sebanyak 2 orang dengan persentase 18%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media berbasis visual  model pembelajaran pada tema 5 subtema 1 Keadaan cuaca di kelas III SD Negeri 152981 Tukka 1A. Kec. Tukka Kab. Tapanuli Tengah dinyatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa.


Kata kunci : Hasil Belajar, Media Berbasis Visual.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Siahaan, Nova Yanti, Nurzanna Nurzanna, dan Gebby Maureen Pricillia. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 5 SUBTEMA 1 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS VISUAL DI KELAS III SDN 152981 TUKKA 1A”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 1 (Februari 15, 2022): 148–154. Diakses Mei 6, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/182.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>