PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MATERI BENTUK KERAGAMAN SUKU SOSIAL BANGSA DAN BUDAYA KELAS IVSD NEGERI 152981 TUKKA 1A
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada menggunakan model pembnelajaran think pair share TPS di kelas IV SD Negeri 152981 Tukka 1A.menggunakan materi krtagaman suku bangsa dan budaya. Untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada materi kragaman suku bangsa dan budaya di kelas IV SD Negeri 152982 Tukka 1A dengan menggunakan media tes dan observasi. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian PTK.Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes.Adapun subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri152981 Tukka 1A.yang berjumlah 11 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan materi keragaman suku bangsa dan budaya..Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan secara bersiklus pada siklus I hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 7 orang dengan persentase 63% sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 4 orang dengan persentase 36%. Dan pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 9 orang dengan persentase 91% sedang yang belum mencapai KKM sebanyak 2 orang dengan persentase 36%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model think paie share pembelajaran pada materi keragaman suku bangsa dan budaya di kelas IV SD Negeri 152981 Tukka 1A. Kec.Tukka Kab. Tapanuli Tengah dinyatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : peningkatan Think Pair Share (TPS) Hasil Belajar, Keragaman Suku Sosial Bangsa Dan Budaya.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.