PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MATERI BENTUK KERAGAMAN SUKU SOSIAL BANGSA DAN BUDAYA KELAS IVSD NEGERI 152981 TUKKA 1A

Isi Artikel Utama

Vinni Priyatni
Royhanun Siregar
Nurzanna Nurzanna

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada menggunakan model pembnelajaran think pair share TPS  di kelas IV SD Negeri 152981 Tukka 1A.menggunakan materi krtagaman suku bangsa dan budaya. Untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada materi kragaman suku bangsa dan budaya di kelas IV SD Negeri 152982 Tukka 1A dengan menggunakan media tes dan observasi. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian PTK.Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes.Adapun subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri152981 Tukka 1A.yang berjumlah 11 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan materi keragaman suku bangsa dan budaya..Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan secara bersiklus pada siklus I hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 7 orang dengan persentase  63% sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 4 orang dengan persentase  36%. Dan pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 9 orang dengan persentase 91% sedang yang belum mencapai KKM sebanyak 2 orang dengan persentase 36%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model think paie share  pembelajaran pada materi keragaman suku bangsa dan budaya di kelas IV SD Negeri 152981 Tukka 1A. Kec.Tukka Kab. Tapanuli Tengah dinyatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa.


Kata kunci :          peningkatan  Think Pair Share (TPS) Hasil Belajar, Keragaman Suku Sosial Bangsa Dan Budaya.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Priyatni, Vinni, Royhanun Siregar, dan Nurzanna Nurzanna. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MATERI BENTUK KERAGAMAN SUKU SOSIAL BANGSA DAN BUDAYA KELAS IVSD NEGERI 152981 TUKKA 1A”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 1 (Februari 15, 2022): 21–28. Diakses April 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/260.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>