PERSEPSI ORANG TUA TENTANG PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSHAPP KELAS IV B SD NEGERI 200402 SABUNGAN JAE KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN HUTAIMBARU

Isi Artikel Utama

Abdul Jalil
Sabri Sabri
Zulfadli Zulfadli
Nurzanna Nurzanna

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran nyata tentang 1) Untuk mengetahui persepsi orang tua tentang pembelajaran daring menggunakan aplikasi Whatsapp kelas IV B SD  Negeri 200402 Sabungan Jae Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, 2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi selama pembelajaran daring menggunakan aplikasi Whatsapp khususnya siswa kelas IV B SD  Negeri 200402 Sabungan Jae dan 3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan orang tua dalam pembelajaran daring menggunakan aplikasi Whatsapp khususnya siswa kelas IV B SD  Negeri 200402 Sabungan Jae. Jenis penelitian adalah Penelitian Kualitatif, objek penelitian ini adalah seluruh siswa SD  Negeri 200402 Sabungan Jae. Selanjutnya ditetapkan informan penelitian adalah siswa kelas IV B beserta orang tua siswa. Alat pengumpul data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Persepsi orang tua siswa mengenai pembelajaran daring berbeda namun pada intinya orang tua siswa sangat merasa tidak nyaman dengan proses belajar pembelajaran yang sekarang yaitu pembelajaran daring menggunakan aplikasi Whatsapp karena melalui pembelajaran menggunakan aplikasi Whatsapp  tersebut membuat pekerjan orang tua sehari-hari terganggu karena anak tingkat SD belum sepenuhnya mampu menggunakan alat tekhnologi dengan benar dan otomatis orang tua harus mendampingi anak saat mengerjakan tugas-tugas yang diberikan lewat aplikasi Whatsapp dan hasil belajar siswa yang diharapkan pun tidak optimal.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Jalil, Abdul, Sabri Sabri, Zulfadli Zulfadli, dan Nurzanna Nurzanna. “PERSEPSI ORANG TUA TENTANG PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSHAPP KELAS IV B SD NEGERI 200402 SABUNGAN JAE KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN HUTAIMBARU”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 6, 2022): 95–102. Diakses April 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/191.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >>