PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWAPADA PELAJARAN IPS SUB TEMA DENAH LINGKUNGAN SEKOLAH MELALUI PROBLEM SOLVINGPADA SISWA KELAS III UPTD SD NEGERI 059 BANUA RAKYAT TAHUN AJARAN 2020/2021
Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Sub Tema Denah Lingkungan Sekolah Melalui Problem Solving Pada Siswa Kelas III UPTD SD Negeri 059 Banua Rakyat Tahun Ajaran 2020/2021.Penelitianin idilakukan dengan menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 20 siswa sebagai subjek. Instrumen penelitian adalah observasi dan tes .Penelitian in iterdiri dari dua siklus.Siklus pertama menunjukkan hasil belajar siswa meliputi 7 siswa yang mencapai nilai tuntas dan 13 siswa yang tidak tuntas dari jumlah siswa 20 orang dan kehadiran 100%. Jika dilihat nilai rata-rata yang diperoleh siswa masih tergolong rendah yaitu 77 dan persentase ketuntasan belajar yang diperoleh yaitu 40%. Siklus kedu amenunjukkan nilai hasil kognitif siswa terdapat 17 siswa yang mencapai nilai tuntas dan hanya 3 siswa yang tidak tuntas dari jumlah siswa 20 orang dan kehadiran 100%. Jika dilihat nilai rata-rata yang diperoleh siswa sudah baik sesuai yang diharapkan yaitu 80 dan persentase ketuntasan belajar yang diperoleh yaitu 85%. Hasil yang diperoleh ini masuk dalam kategori “Baik” dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) nilai yang ditetapkan yaitu 76.Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasilbelajar IPS siswa pada materi Denah Lingkungan Sekolah di kelas III UPTD SDN.No.059 Banua sss Rakyat.
Kata kunci: HasilBelajar, Pelajaran IPS, Denah Lingkungan Sekolah, Problem Solving
This study aims to improve student learning outcomes in social studies lessons with the sub-theme of school environment plans through problem solving in grade 3 students of UPTD SD Negeri 059 Banua Rakyat for the 2020/2021 academic year. This research was conducted by applying Classroom Action Research (CAR) with 20 students as subjects. The research instrument is observation and test. This research consists of two cycles. The first cycle showed student learning outcomes including 7 students who achieved a complete score and 13 students who did not complete from a total of 20 students and 100% attendance. when viewed the average value obtained is still relatively low, namely 77 and the percentage of completeness obtained is 40%. The second cycle shows the value of students' cognitive outcomes, there are 17 students who complete and 3 students who do not complete from a total of 20 students and attendance is only 100%. if it is seen that the average value obtained is in accordance with what is expected, it is 80 and the percentage of completeness obtained is 85%. The results obtained are included in the "Good" category from the Minimum Completeness Criteria (KKM) the value is 76. It can be opened that the use of Problem Solving learning models can improve students' social studies learning outcomes on the material of School Environment Plans in class III UPTD SDN.No. 059 Banua Rakyat.
Keywords: Learning Outcomes, Social Studies Lessons, School Environment Plans, Problem Solving.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.