ANALISIS KESALAHAN TANDA BACA PADA PARAGRAF DESKRIPTIF SISWA KELAS V SD NEGERI 20 SUNGAI AUR KABUPATEN PASAMAN BARAT Tanda Baca, Menulis, Paragraf Deskriptif

Isi Artikel Utama

Rahmat Afandi Dongoran
Eko Sucahyo
Jefri Faizal
Febri Aneti

Abstrak

       Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan penggunaan tanda baca pada paragraf deskriptif siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu metode yang melibatkan peneliti secara langsung untuk mengamati objek yang sedang diteliti. Kemudian data yang diperoleh dianalisis kemudian dideskripsikan dalam bentuk kata-kata. Adapun pengolahan data yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, pengkodean dan yang terakhir penyajian data. Jumlah siswa di kelas tersebut adalah 13 orang. Hasil penelitian ini ditemukan pada kesalahan penggunaan tanda baca, kesalahan terbesar terdapat pada penggunan tanda koma diantara unsur-unsur dalam suatu perincian atau pembilang yang berjumlah 6 orang dengan 17 kali kesalahan. Kesalahan tersebut sering terlihat pada pertengahan kalimat. Penyebab pertama dari kesalahan penggunaan tanda baca yaitu karena pembiasaan siswa untuk menulis tanpa menggunakan tanda baca yang baik dan benar. Kedua, karena ketidaktahuan dan ketidaktelitian siswa dalam menggunakan tanda koma disetiap menulis. Kesalahan terkecil terdapat pada penggunaan tanda titik untuk memisahkan angka jam, menit, dan detik yang menunjukkan waktu dan juga tanda tanya yang digunakan pada akhir kalimat tanya. Hal tersebut terjadi karena pada paragraf deskriptif jarang sekali menggunakan tanda koma untuk memisahkan angka jam, menit, dan detik dan juga jarang sekali menggunakan tanda tanya. Faktor lain dari kesalahan penggunaan tanda baca siswa yaitu kurangnya penekanan guru dalam membiasakan siswa menulis menggunakan tanda baca yang baik dan benar, motivasi belajar siswa yang rendah, sikap siswa yang kurang baik selama proses pembelajaran, dan juga metode dan media yang digunakan guru kurang menarik sehingga siswa sulit memahami materi ajar yang disampaikan guru.


Kata Kunci :  Tanda Baca, Menulis, Paragraf Deskriptif

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Dongoran, Rahmat Afandi, Eko Sucahyo, Jefri Faizal, dan Febri Aneti. “ANALISIS KESALAHAN TANDA BACA PADA PARAGRAF DESKRIPTIF SISWA KELAS V SD NEGERI 20 SUNGAI AUR KABUPATEN PASAMAN BARAT: Tanda Baca, Menulis, Paragraf Deskriptif”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 4, no. 4 (Desember 7, 2024): 434–442. Diakses Desember 21, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1871.
Bagian
Artikel

Referensi

Akbar, F., & Sulkifli, S. (2021). Integrating Character Values in Junior Secondary Student Writing Learning. Jurnal Konsepsi, 10(1), 73. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/issue/view/55

Barokah, S. ., Nuraeni, Y., & Septy, N. (2023). Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital Dan Tanda Baca Pada Karangan Sederhana Kelas Iii Sd. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 293–300. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1413

Fadhilatul Barokah, S., Nuraeni, Y., & Nurfadhillah, S. (2023). Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Paragraf Siswa Kelas IV SD Negeri Sarakan III Kabupaten Tangerang. 7, 5516. https://doi.org/10.31004/jptam.v712.7072

Mirnawati, M., & Firman, F. (2019). Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 165–177. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1373

Safitri, R., Pd, S. I., & Pd, M. (2022). Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Dengan Menggunakan Model Numbered Heads Together(THT) di SD Negeri 155675 Tapian Nauli 3C . 1(2). https://doi.org/10.37081/jipdas.v1i2.94

Safitri Ritonga, R., Theresia, M., & Nasution, S. R. A. (2022). Penerapan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Dalam Meringkas Isi Wacana Cerita Kelas V Sd Negeri 200216 Padangsidimpuan. Jurnal JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 2(1), 91–95. https://doi.org/10.37081/jipdas.v2i1.269

Sahdi Lubis, I., Lamsari, M., Sahara Hasibuan, A., Tulsofah Siregar, S., Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, P., & Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, F. (2022). Kegiatan Memperkenalkan Tanda Baca Kepada Anak Sd 200220 Kelas Iv Di Kelurahan Ujung Padang. Jurnal Adam Ipts, 1(2)(2), 84. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7072

Septiana, D. P., Wahyudi, & Rokhmaniyah. (2023). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca Pada Karangan Siswa Kelas V SDN Sidareja 01 Tahun Ajaran 2021/2022. NBER Working Papers, 11, 154. https://doi.org/10.20961/jkc.v11i1.63891

Sugiyono, P. D. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. In Jurnal Konsepsi (Vol. 9, Issue 2, pp. 72–81). https://doi.org/10.37081/jipdas.v3i03.160

Wahidah, A. R., Septi, N., & Rini, C. P. (2023). Analisi Kesalahan Menulis Tanda Baca Pada Karangan Deskripsi Kelas IV MI Hudaatul Umam Kabupaten Tangerang. 8. https://doi.org/10.23969/ip.v8i2.10307

Waruwu, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Readning And Compotition (CIRC). Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 300–306. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.46

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>