UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK SUB TEMA 1 AKU DAN CITA-CITAKU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING KELAS IV SD NEGERI 0202 PASAR BINANGA

Isi Artikel Utama

Mara Judan Rambey
Aprinasari Fitritanjung
Sartika Rati Asmara Nasution

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kreativitas belajar peserta didik sub tema 1 aku dan cita-citaku melalui penerapan model pembelajaran project based learning kelas IV SD Negeri 0202  Pasar Binanga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTK.Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, dan tes.Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 26 peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil observasi pembelajaran dimana pada siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 64.38 yakni berada pada kategori kurang.Sedangkan pada siklus II diperoleh skor sebesar 79.38 yakni berada pada kategori baik.artinya pembelajaran yang dilakukan dengan model pembelajaran PJBL telah dapat ditingkatkan dari pembelajaran siklus I.Nilai rata-rata hasil observasi kreativitas belajar mencapai kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 84.74. Hasil tes siklus I diketahui persentase ketuntasan sekitar 52.63%. Sedangkan pada tes siklus II diketahui persentase ketuntasan pada pembelajaran siklus II sebesar sekitar 84,21%.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rambey, Mara Judan, Aprinasari Fitritanjung, dan Sartika Rati Asmara Nasution. “UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK SUB TEMA 1 AKU DAN CITA-CITAKU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING KELAS IV SD NEGERI 0202 PASAR BINANGA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 6, 2022): 74–82. Diakses Mei 23, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/200.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>