ANALISIS PEMANFAATAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Tarisa Amelia
Nur Wulandari
Alfianti Saputri
Satria Nugraha Adiwijaya
Firma Andrian

Abstrak

Pendidikan di sekolah dasar berperan penting dalam membangun fondasi pengetahuan peserta didik, termasuk melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Tujuan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam adalah untuk memperdalam pemahaman peserta didik tentang alam dan fenomena ilmiah. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar penting untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pemanfaatan lingkungan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di sekolah dasar dan pengaruhnya terhadap minat belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah studi literatur yang mengulas berbagai temuan penelitian terdahulu terkait periode 2020-2024. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam berpengaruh positif terhadap peningkatan minat belajar peserta didik. Lingkungan yang dijadikan sumber belajar tidak hanya meningkatkan partisipasi aktif peserta didik tetapi juga memperkaya pengalaman belajarnya. Oleh karena itu, pemanfaatan lingkungan ini untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sekolah dasar terbukti efektif meningkatkan minat belajar peserta didik

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Amelia, Tarisa, Nur Wulandari, Alfianti Saputri, Satria Nugraha Adiwijaya, dan Firma Andrian. “ANALISIS PEMANFAATAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 578–588. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2440.
Bagian
Artikel

Referensi

Astuti, Yeni Puji. 2020. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Group Investigation Dengan Advance Organizer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMP.” Jurnal Inovasi Penelitian 1 (2).

Butar, Aisyah Butar, and Nurmairina. 2022. “Analisis Minat Belajar Siswa Melalui Siswa Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Tematik Dikelas V SD Negeri 107417 Sei Merah.” EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan 01 (September): 386–98. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/view/1557%0Ahttps://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/download/1557/994.

Dharmawati. 2021. “Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Dharmas Education Journal (DE_Journal) 2 (2): 245–55. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.392.

Khoiruzzadi, Muhammad, and Nur Rahmawati Amalia. 2020. “Pemanfaatan Lingkungan Alam Sebagai Sumber Belajar IPA Kelas 3 Sekolah Dasar (SD) Alam Ma’had Islam Pekalongan.” JIP Jurnal Ilmiah PGMI 6 (2): 215–35. https://doi.org/10.19109/jip.v6i2.5567.

Kurniawan, Deni. 2022. “Pengaruh Lingkungan Pendidikan Terhadap Minat Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 2 (1): 103. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i1.30995.

Kusumawardani, Siska, Apri Utami Parta Santi, and Dwi Lenggo Pratiwi. 2022. “Pengaruh Pemanfaatan Alam Sekitar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Sd.” Jurnal Holistika 6 (2): 80. https://doi.org/10.24853/holistika.6.2.80-84.

Mahdalena. 2022. “Pengaruh Minat Belajar, Dukungan Orang Tua Dan Lingkungan Belajar Terhadap Perilaku Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA (Studi Faktor Yang Mempengaruhi Prilaku Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4,5 Dan 6 Pada SDN Binuang 4 Da.” Kindai 18 (2): 332–51. https://doi.org/10.35972/kindai.v18i2.803.

Malik, Maliana, M Basri, and Tarman. 2022. “Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Murid Kelas V SD Gugus 1 Wilayah 1 Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru” 7 (1): 1718–30.

Mutiara. 2021. “Pemanfaatan Penggunaan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Media Pendukung Pembelajaran IPA Di MI/SD.” MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4 (2): 104–19. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v4i2.380.

Nurhalizah, and Zaini Dahlan. 2022. “Analisis Pemanfaatan Alam Sekitar Dalam Pembelajaran IPA Di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) 10 (2): 112–21. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i2.19987.

Puteri, Sendy Velya, Treny Hera, and Bambang Hermansah. 2023. “Pemanfaatan Alam Sekitar Dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 03 OKU” 09:1441–51.

Putri, Dinda Anisyah, Hetilaniar, and Marvinda Rizki Dita Dirgantara. 2022. “Pembelajaran IPA Berpendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Hasil Belajar Pada Kelas V SD.” IRJE : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 2 (3): 992–1002.

Sari, Julaska, Feniareny Feniareny, Bambang Hermansah, and Mega Prasrihamni. 2023. “Pengaruh Media Konkret Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 7 (1): 15. https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1.120317.

Sartika, Septi Budi. 2022. Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4.

Tarigan, Juniko Esra, and Hotma Tiolina Siregar. 2022. “Perbaikan Pembelajaran Ipa Dengan Menggunakan Media Konkret Pada Materi Jenis-Jenis Daun Di Kelas Iv Sd Negeri 068007 Medan Tuntungan.” Jurnal Curere 6 (1): 77. https://doi.org/10.36764/jc.v6i1.720.

Toaini. 2023. “Meningkatkan Motivasi Belajar Ipa Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di Sdn Lagoa 05” 13:75–84.

Vivin, Syahkina Mardana, Rijal Muhammad, and Darwis Rahmiati. 2023. “Efektivitas Media Pembelajaran Alam Sekitar Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Fotosintesis.” Jurnal Pendidikan Mipa 13 (3): 736–43. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1169.

Yunansica, Istiqomah Nensy, Delfi Vidia Almira, Zulfa Nur Laily, and I Ketut Mahardika. 2022. “Manfaat Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMPN 4 Jember Kelas VIII D.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Desember 8 (24): 385–92. https://doi.org/10.5281/zenodo.7494465.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama