INTEGRASI JARINGAN SEKOLAH ISLAM TERPADU (JSIT) DAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Dela Yustiana
Diana Vitasari
Nadia Anjelina
Firma Andrian
Satria Nugraha Adiwijaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat integrasi Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar (SD). Metode yang digunakan adalah Sistematic Literature Review (SLR) dengan analisis data dari artikel jurnal yang terindeks SINTA dan diterbitkan dalam lima tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi antara JSIT dan Kurikulum Merdeka dapat menciptakan pendekatan pendidikan yang holistik dan integratif. Pendekatan ini memperkuat integrasi nilai-nilai Islam dengan ilmu pengetahuan, serta meningkatkan keterampilan siswa dalam berpikir kritis, kreatif, dan berkolaborasi. Implementasi Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas kepada guru dalam merancang metode pembelajaran, memperkuat keterlibatan siswa, dan menciptakan lingkungan belajar yang relevan dengan kebutuhan zaman. Namun, tantangan seperti keterbatasan sumber daya pengajar dan pemahaman guru terhadap kurikulum perlu mendapatkan perhatian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kolaborasi ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan di SD berbasis Islam terpadu. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengevaluasi dampak jangka panjang penerapan integrasi ini.


 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Yustiana, Dela, Diana Vitasari, Nadia Anjelina, Firma Andrian, dan Satria Nugraha Adiwijaya. “INTEGRASI JARINGAN SEKOLAH ISLAM TERPADU (JSIT) DAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Maret 7, 2025): 748–759. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2567.
Bagian
Artikel

Referensi

Alimuddin, A. M., & Yuzrizal. (2020). Integrasi Sains Dan Islam Pada Sekolah Islam Terpadu Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(2), 113–122. http://conference.kuis.edu.my/pasak2017/images/prosiding/nilaisejagat/10-MAAD-AHMAD.pdf

Arwitaningsih, R. P., Dewi, B. F., Rhmawati, E. M., & Khuriyah. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Ranah Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Islam Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Hadi Mojolaban Sukoharjo. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(2), 450–468.

Azzahra, S., Nadya, L., & Hutasuhut, N. A. (2024). IMPLEMENTASI PROSES ADMINISTRASI PENDIDIKAN DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SD IT ZIA SALSABILA. 4, 3300–3311.

Fadhilah, P. A. A. N., Nursahid, & Khuriyah. (2023). Implementasi Kurikulum Sekolah Dasar Berbasis Islam Terpadu. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 22–29. https://doi.org/10.51574/judikdas.v3i1.994

Fahri, A., Aman, & Khoiriyah, F. (2024). Mengungkapkan Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Jsit Provinsi Lampung. VII(2), 166–173.

Harisnur, F. (2021). Pengembangan Kurikulum Jaringan Sekolah IslamTerpadu (Jsit) Untuk Sekolah/Madrasah. Genderang Asa: Journal Of Primary Education, 2(2), 52–65.

Hidayati, A., Jambi, U., & Dasar, M. P. (2024). Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul ‘ Ilmi Jambi. 11, 531–546.

Inal, R. D. M. P., & Bakari, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sd Islam Terpadu Az-Zahra Kota Gorontalo. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 4(2), 43–59. https://doi.org/10.58176/edu.v4i2.958

Kurniawan, M. F., Amrullah, & Sari, D. P. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD IT ANNIDA’ KOTA LUBUK LINGGAU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIFITAS PESERTA DIDIK. 10, 38–52.

Maulani, R. F., Hidayati, A., & Rahmayanti, E. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA SD-IT konten yang dioptimalkan untuk memberikan peserta didik cukup waktu untuk mempelajari membuat program pendidikan mereka sendiri dengan mempertimbangkan karakter siswa dan. 5(4), 5042–5051.

Muhammad Saddang. (2024). Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Tahap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Sekolah Dasar Islam Terpadu Tahfidzul Quran. Al-Mutsla, 6(1), 110–124. https://doi.org/10.46870/jstain.v6i1.969

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Pengembangan Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Obaid, M. Y., Safrudin, M., La Fua, J., Fatimah K., S., Hardiana, W., & Rauf Tanaba, S. (2024). Implementation of Islamic Education Curriculum Development in Integrated Islamic Schools in Southeast Sulawesi. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 13(01), 73–96. https://doi.org/10.30868/ei.v13i01.6196

Purwanto, A. (2022). Pengembangan Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Basicedu, 6(1).

Rahmat, R. (2024). Integration of integrated Islamic school curriculum into Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 21(1), 229–242. https://doi.org/10.17509/jik.v21i1.63071

Safitri, R. E., & Rahim, A. (2024). Implementasi P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Pada Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 616. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n2.p616--624

Salma, R., Fakhriyah, F., & Riswari, L. A. (2023). Kolaborasi Kurikulum Merdeka dan Kurikulum Terpadu di SDIT Al Islam Kudus. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 6(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v6i1.10214

Santosa, H., & Hartania, I. M. (2024). Implementation of the Independent Curriculum at Insan Mandiri Integrated Islamic Primary School , South Jakarta. 4(1), 171–177.

Septiani, B. D., Muryanto, F., & Pujiati, H. R. (2024). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN KELAS 2 SDIT KHOLID BIN WALID. Brilian Dinamis Akuntansi Audit, 6(1), 97–119. https://journalpedia.com/1/index.php/bdaa/index

Sofyan Iskandar, Primanita Sholihah Rosmana, G. F., Mayanti, I., & Muslimah Apriliya, dan T. S. G. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Journal Of Social Science Research, 3(2), 2325.

Sugihartono, A. (2021). Penerapan Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Qurrota A’yun Ponorogo. Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan …, 2(3), 117–134.

Takwim, & Fadriati. (2024). Dinamika Kurikulum Mardeka dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ishlahul Ummah. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 145–152. https://doi.org/10.58401/dirasah.v7i1.1067

Zahir, A., Nasser, R., Supriadi, S., & Jusrianto, J. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SD Kabupaten Luwu Timur. Jurnal IPMAS, 2(2), 55–62. https://doi.org/10.54065/ipmas.2.2.2022.228