PENERAPAN OUTDOOR LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Siti Aisyah
Hani Nur Azizah
Husnatul Ulfa
Riska Amalia
Firma Andrian
Satria Nugraha Adiwijaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode outdoor learning (pembelajaran luar ruang) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di jenjang sekolah dasar. Motivasi belajar yang rendah dan metode pembelajaran yang kurang menarik sering menjadi kendala dalam proses belajar mengajar. Dengan outdoor learning, siswa diajak belajar langsung di lingkungan luar kelas, sehingga mereka dapat lebih aktif dan memahami konsep IPA melalui pengalaman nyata. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan mengumpulkan data dari artikel ilmiah melalui Google Scholar dan Publish or Perish. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran di luar ruangan mampu meningkatkan motivasi, pemahaman konsep, dan aktivitas siswa secara signifikan dari satu siklus ke siklus berikutnya Meskipun demikian, keterbatasan referensi dan metode studi pustaka menjadi kelemahan yang perlu diperbaiki dengan penelitian lapangan di masa mendatang.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Aisyah, Siti, Hani Nur Azizah, Husnatul Ulfa, Riska Amalia, Firma Andrian, dan Satria Nugraha Adiwijaya. “PENERAPAN OUTDOOR LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 350–359. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2530.
Bagian
Artikel

Referensi

Anggraini, Shilvia, and Nur Efendi. 2023. “Analisis Implementasi Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 4 (2): 552–62. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.973.

Caron, Justin, and James R Markusen. 2020. “IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP COMPLEX PROBLEM SOLFING SKILLS PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 56 PEKANBARU” 3: 1–23.

Eli, Widi, and Laksmi Evasufi Widi Fajari. 2020. “Penerapan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 3 (1): 58–66. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.234.

Kusumawardani, Siska, Apri Utami Parta Santi, and Dwi Lenggo Pratiwi. 2022. “Pengaruh Pemanfaatan Alam Sekitar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Sd.” Jurnal Holistika 6 (2): 80. https://doi.org/10.24853/holistika.6.2.80-84.

Midya Yuli Amreta, and Ahmad Farid Utsman. 2021. “Model Pembelajaran Kontekstual Ipa Melalui Pendekatan Outdoor Learning Di Sdn Sumurjalak 2 Plumpang Tuban.” PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education 2 (2): 76–84. https://doi.org/10.51675/jp.v2i2.110.

Oktafiana, Shinta, Siska Arifah Ningsih, Siti Jumaatul Maylah, and Arif Fuadi. 2023. “Menggunakan Metode Outdoor Learning Pada Pembelajaran Ipas Kelas Iv Di Sdn Gladak Anyar 4” 03 (2).

Sahman. 2023. “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif Dengan Metode Outdoor Study Pada Siswa Kelas VI A SDN 1 Kopang Tahun Pelajaran 2021/2022.” Jurnal Pendidikan Mandala 8 (1): 229–36.

Toani. 2022. “Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 13: 75–84.

Yanuardana, Muhammad Dimas, and Maulidina Tamalla. 2022. “EduGlobal : Jurnal Penelitian Pendidikan Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas 4 UPTD SDN LABANG Pada Pembelajaran IPA Denngan Menggunakan Model Pembelajaran Outdoor Learning” 02: 1–12.