PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DALAM MERINGKAS ISI WACANA CERITA KELAS V SD NEGERI 200216 PADANGSIDIMPUAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model cooperative script pada peserta didik kelas V SD Negeri 200216 Padangsidimpuan dengan materi meringkas. Penelitian ini menggunakan jenis PTK. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 200216 Padangsidimpuan yang berjumlah 24 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam meringkas cerita. Berdasarkan hasil siklus I diketahui nilai skor observasi dari kegiatan pembelajaran siswa yaitu 72.058% ( kategori baik) sedangkan hasil test menunjukkan siswa memiliki rata-rata 7.0 (kategori cukup) di mana di mana 70.83% (17 siswa ) mencapai KKM. Siklus II menunjukkan lembar observasi sebesar 82.352% 8 (categori sangat baik) dan hasil daripada tes menunjukkan rata – rata 7.9 (kategori baik) di mana 79.16% (21 siswa) mencapai KKM. Kesimpulannya penerapan model cooperative script dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam meringkas cerita kelas V SD Negeri 200216 Padangsidimpuan.
Kata Kunci: model cooperative script, keterampilan menulis dalam meringkas
Abstract
This study aimed to describe the application of the cooperative script model to the fifth grade students of SD Negeri 200216 Padangsidimpuan with summarizing material. This study used Action Research. Data collection techniques used observation and documentation. The subjects in this study were all fifth grade students at SD Negeri 200216 Padangsidimpuan consist of 24 students. The object of this research was to improve students' writing skills in summarizing stories. Based on the results of the first cycle, it was known that the observation score of student learning activities was 72.058% (good category) while the test results showed the mean of students was 7.0 (enough category) where 70.83% (17 students) achieved KKM. Cycle II showed an observation sheet of 82.352% (very good category) and the results of the test showed the mean of students was 7.9 (good category) where 79.16% (21 students) achieved KKM. In conclusion, the application of the cooperative script model could improve students' writing skills in summarizing stories to the fifth grade students of SD Negeri 200216 Padangsidimpuan.
Keywords: cooperative script model, writing skills in summarizing
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.