PENGARUH LKPD BEBASIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA MATERI BILANGAN PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD

Isi Artikel Utama

Patika Pratama
Elvi Mailani
Eva Betty Simanjuntak
Robenhart Tamba
Fajar Sidik Siregar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan LPKD berbasis PMR pada materi bilangan pecahan di kelas V SD Negeri 101771 Tembung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian non-equivalent control group design menggunakan pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101771 Tembung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini menggunakan tes untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan LKPD berbasis PMR pada materi bilangan pecahan dengan rata-rata hasil belajar siswa yaitu 85,83 sedangkan pada kelas yang menggunakan LKPD biasa memperoleh nilai rata-rata yaitu 77,42. Jadi rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pratama, Patika, Elvi Mailani, Eva Betty Simanjuntak, Robenhart Tamba, dan Fajar Sidik Siregar. “PENGARUH LKPD BEBASIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA MATERI BILANGAN PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2428–2435. Diakses Desember 26, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3003.
Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Amar, R. Z., Usmar, A., & Wendra, B. (2022). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematic Education Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(1), h. 69-77.

Amir, N. F., & Andong, A. (2022). Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Pecahan. Journal of Elementary Educational Research, 2(1), h. 1-12.

Mailani, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika Kelas Rendah Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 10(4), h. 204-215.

Hardani dkk, (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.

Jaya, I. (2019). Penerapan Statistik Untuk Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Khoiri Nur, (2021). Konseptual dan Aplikatif Perspektif Manajemen Pendidikan. Semarang: Southeast Asian Publishing.

Magdalena, R., & Krisanti Angela, M. (2019). Analisis Penyebab dan Solusi Rekonsiliasi Finished Goods Menggunakan Hipotesis Statistik dengan Metode Pengujian Independent Sample T-Test di PT.Merck, Tbk, 16 (1), h. 35 – 38.

Mardia, A., Putri, R. I. I., & Susanti, E. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis PMRI Dalam Konteks Piring Makan Ideal Pada Materi Pecahan. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(2), h. 155-165.

Mendrofa, R. E. W., Tarigan, D., Gultom, I., Mailani, E., & Purnomo, T. W. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan Kelas V SDN 101765 Bandar Setia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), h. 5235-5248.

Midah, M., & Ruqoyyah, S. (2021). Kemampuan Pemahaman Matematik Untuk Siswa SD Kelas IV dengan Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(2), h. 257-265.

Motoh, T. C., & Susanti, K. (2022). Penggunaan Video Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP NEGERI 3 ToliToli. Jurnal Teknologi Pendidikan Madako, 1(1), h. 1-17.

Mupidah, U. (2020). Pengaruh pembelajaran matematika realistik (PMR) terhadap hasil belajar siswa pada konsep bilangan pecahan di kelas IV MI NW Karang Bata Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Nuraini, S., Purnamasari, V., & Sary, R. M. (2023, October). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Operasi Hitung Pembagian Bilangan Cacah Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) (Vol. 3, No. 1).

Rahim, Rani dkk. (2021). Metodologi Penelitian (Teori dan Praktik). Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia (PRCI).

Rahmawati, Y. (2021). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas IV SD (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).

Sukarelawa, Irma dkk. (2024). Analisis Perubahan Abilitas Peserta Didik Dalam Desain One Group Pretest-Posttest. Yogyakarta: Suryacahya.

Susilawati, Desi, (2024). Pengantar Ilmu Pendidikan, Bandung: Widina Media Utama.

Sunarti, Sirajuddin, dan Ainun Jariah, 2024, Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Media Blok Pecahan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 68 Center Galesong II Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Cendekia Pendidikan, 4, h. 48-58.

Tamba, R., & Ginting, E. A. B. (2023). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Pelajaran Matematika Dengan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Negeri Percontohan Kabanjahe. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 2(2), 238-248.

Widodo, Slamet dkk. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian. Pangkalpinang: CV Science Techno Direct.

Wulandari, A. I., & Sulasmono, B. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap Hasil Belajar siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(2), h. 78-82.

Wulandari, T., Cahyani, A., Enivita, Y., & Marini, A. (2023). Studi Literaur: Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(8), h. 919-930.

Yadnyawati, G., A., I., dkk. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Denpasar: UNHI Press.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2