PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLASE DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA KELAS II SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi kolase dalam pembelajaran seni rupa kelas II SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe STAD. Nilai rata-rata kelas eksperimen pada saat pretest sebesar 49,81, dan pada saat posttest mengalami kenaikan menjadi 80,96. Sedangkan kelas kontrol yang awalnya mendapatkan nilai rata-rata sebesar 47,50, padaa saat posttest mencapai 61,79. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Non-parametrik Mann Whitney U Test, diperoleh nilai Asymp.sig.(2-tailed) < 0,001, dimana < 0,001 < 0,05. Oleh karena itu model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan ini, disarankan kepada guru agar menerapkan model pembelajaran kooperatif di berbagai mata pelajaran, guna menciptakan variasi dalam metode pembelajaran, sehingga mendorong siswa untuk lebih aktif berinteraksi secara sosial dengan teman sekelasnya. Sekolah juga diharapkan dapat memberikan dukungan terhadap penerapan model pembelajaran inovatif seperti STAD dengan cara menyediakan fasilitas dan perlengkapan yang memadai saat pembelajaran berlangsung dikelas. Peneliti selanjutnya juga diharapkan melanjutkan pengembangan studi ini pada tingkat kelas atau satuan pendidikan yang berbeda, atau mengombinasikan model pembelajaran tipe STAD dengan pendekatan lain, serta memperluas cakupan kajian dengan menoroti aspek-aspek lain seperti motivasi belajar, kemampuan sosial, maupun kreativitas peserta didik
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ahmad Shofi, Camelyati Kulsum Fadilah, Farah Nurfadilah, & Tika Mutiasari. (2024). Implementasi
Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Di Smpn 2
Telukjambe Timur. Jurnal Tawadhu, 8(1), 1–15. https://doi.org/10.52802/twd.v8i1.705
Anggraeni, S. N., Mulyana, E. H., & Giyartini, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Kolase Untuk
Memfasilitasi Pembelajaran Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 5(1), 10–21.
https://doi.org/10.17509/jpa.v5i1.39659
Destiana, D. (2018). KREASI KOLASE Find, Collect, and Fun Together. Cakrawala Dini: Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 80–89. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10501
Didit, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooeratif tipe STAD.
Jurnal Education and Development, 8(2), 468.
Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 466–476.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6735
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Badan
Penerbit Universitas Diponegoro.
Henniwati, H. (2021). Efektifitas Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Pokok Bahasan Determinan Dan Invers Matriks Pada Siswa Kelas X Mm1 Smk
Negeri 1 Kabanjahe Di Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Serunai : Jurnal Ilmiah
Ilmu Pendidikan, 7(1), 83–88. https://doi.org/10.37755/sjip.v7i1.424
Hotang, R. B., Herlina, E. S., & Sinaga, E. J. (2023). Pengaruh Kegiatan Kolase Terhadap Kreativitas
Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK GKPI Tarutung Kota Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal
Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 1(6), 49–64.
Indah Rahmawati, N., & Sutiarso, S. (2019). Pembelajaran Kooperatif Sebagai Model Efektif Untuk
Mengembangkan Interaksi dan Komunikasi Antara Guru dan Peserta Didik. Eksponen, 9(2),
–19. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i2.55
Motoh, T. C., Hamna, & Kristina. (2022). Penggunaan Video Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Tolitoli. Jurnal Teknologi Pendidikan Madako,
(01), 1–17. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/jtpm/article/view/14
Nafisatur, M. (2024). Metode Pengumpulan Data Penelitian. Metode Pengumpulan Data Penelitian,
(5), 5423–5443.
Pritasari, O. K., & Wilujeng, B. Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad
Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Journal of Vocational and
Technical Education (JVTE), 2(1), 14–18. https://doi.org/10.26740/jvte.v2n1.p14-18
Puspitasari, N. R., & Zultiar, I. (2018). Penggunaan teknik kolase terhadap kemampuan motorik halus
anak usia 5-6 tahun PAUD Warci Jaya tahun ajaran 2017-2018. Utile Jurnal Kependidikan,
(1), 50.
Rizal, R. S., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui
Pembelajaran Daring dengan Model STAD Berbantuan Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal
Basicedu, 5(2), 1067–1075. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873
Sakdiah, H. (2020). Kemampuan Peserta Didik dalam Mengembangkan Kreativitas Melalui Karya
Kolase di Kelas 1 SD Negeri 11 Banda Aceh. Undergraduate Thesis UBBG.
https://repository.bbg.ac.id/handle/854
Slavin, R. E., Hurley, E. A., & Chamberlain, A. (2003). Cooperative Learning and Achievement:
Theory and Research. In Handbook of Psychology (Issue February 2025).
https://doi.org/10.1002/0471264385.wei0709
Sriana, J., & Sujarwo, S. (2022). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 39–51.
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i1.245
Sugianto, H., Buamona, N., Limatahu, K., Abdullah, I. Z., & Permata, I. (2022). Pola Pembelajaran
Agama Islam Pada Masyarakat Adat Kesultanan Tidore. Al-Irfan : Journal of Arabic
Literature and Islamic Studies, 5(2), 195–216. https://doi.org/10.36835/alirfan.v5i2.5756
Suriawati, A., Lovita, R., & Hutasoit, L. F. (2023). Falkutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Model Pembelajaran Seni Menggunakan
Biji-Bijian. Jurnal Pendidikan Terintregasi, 3(2), 108–120.
Wardana, W., & Djamaluddin, A. (2021). Belajar dan Pembelajaran Teori, Desain, Model
Pembelajaran dan Prestasi Belajar. In CV. Kaafah Learning Center: Jakarta.
Warsita, B. (2018). Teori Belajar Robert M. Gagne Dan Implikasinya Pada Pentingnya Pusat Sumber
Belajar. Jurnal Teknodik, XII(1), 064–078. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i1.421
Widarjono, A. (2020). Analisis multivariat terapan dengan program SPSS, AMOS, dan SmartPLS.
Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Win, A., Suartini, L., & Bronto, S. L. (2024). Pembelajaran Seni Rupa Dalam Implementasi
Kurikulum Merdeka Belajar (Studi Kasus di SDN 1 Sudaji). Jurnal Pendidikan Seni Rupa
Undiksha, 14(1), 14–26. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/index
Yeni, W. M., Hanesman, Jasril, I. R., & Anori, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). J-HyTEL:
Journal of Hypermedia & Technology-Enhanced Learning, 1(3), 136–145.