PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN 115473 TANJUNG PASIR

Isi Artikel Utama

Dinda Putri Lestari
Edizal Hatmi
Eva Betty Simanjuntak
Elvi Mailani
Fajar Sidik Siregar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektivitasan media pembelajaran kuis berbasis web wordwall pada pembelajaran IPAS Di Kelas V SDN 115473 Tanjung Pasir T.A.2024/2025. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) Model 4D yakni Define, Design, Development and Dissemination. Adapun subjek penelitiannya adalah siswa kelas V-A SDN 115473 Tanjung Pasir. Sedangkan instrumen atau alat pengumpuln data adalah lembar observasi, lembar lembar observasi, lembar wawancara, angket validasi materi dan desain teknologi, angket validasi praktisi pendidikan dan soal tes. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran kuis berbasis web wordwall siswa yakni Papan Informasi dengan 3 aspek penilaian yang meliputi: Penilaian terhadap aspek kelayakan isi materi dengan hasil persentase 83,75% (Valid/ Layak digunakan), aspek kelayakan tampilan desain dan teknologi dengan persentase 97,36% (Valid/ Layak untuk digunakan), aspek Praktikalitas diperoleh hasil persentase 93.75% (Valid/ Layak untuk digunakan). Sedangkan untuk hasil efektifitas dari pre-test dan post-test dengan persentase 85%. Berdasarkan hasil uji kelayakan, kepraktisan dan keefektifitasan produk ini maka dapat disimpulkan Media pembelajaran kuis berbasis web wordwall ini sangat layak, praktis dan efektif untuk digunakan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Lestari, Dinda Putri, Edizal Hatmi, Eva Betty Simanjuntak, Elvi Mailani, dan Fajar Sidik Siregar. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN 115473 TANJUNG PASIR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 8, 2025): 4611–4622. Diakses Desember 14, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3454.
Bagian
Artikel

Referensi

Angginta, T., Simanihuruk, L. ., Lubis, W. ., Winara., & Afriadi, P.(2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 106806 Cinta Rakyat . Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(2), 1625–1639. https://doi.org/10.37081/jipdas.v5i2.2921

Inayah, N. (2024). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Games Melalui Platform Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Di Min 3 Jember.

Khairunisa, Y. (2021). Pemanfaatan Fitur Gamifikasi Daring Maze Chase–Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Statistika dan Probabilitas. Jurnal Kajian dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi. 2 No. 143-44.

Lestari, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall Di Kelas Iv Sd N 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 1-6.

Ria Nata Kusuma, N. L. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 7 Banyudono. Jurnal Pendidikan Islam, 1377-1390. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3854

Sari, P.M., & Yarza, HN (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Kuis Dan Wordwall Dalam Pembelajaran IPA Bagi Guru SDIT Al-Kahfi. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif, 4 (2), 195-199.

Sari, R.N., Nazmi, R., & Zulfa, Z. (2021). Pengaruh Game Word Wall Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas X MIPA SMA 2 Lubuk Basung. Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah. 6 (2), 76-83.

Sartika, R. (2017). Implementing Word Wall Strategy In Teaching Writing Descriptive Text For Junior High School Students. Journal Of English And Education, 5(2), 179 – 186.

Simbolon, N. 2017. Project Based Learning Implementation To Enable Students’activities. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 4(2), 1-8. http://dx.doi.org/10.24114/esjpgsd.v5i2.4467

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Prihatini, A., Sugiarti, S., Ambarsari, T. A. B., & Nisa, I. N. (2022). Kompetensi pedagogik guru sma dalam menerapkan pembelajaran multiliterasi sebagai wujud merdeka belajar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6823-6831. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3020

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>