PENGARUH METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) BERBANTUAN LAGU TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SDN 064005 MARTUBUNG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Total Physical Response (TPR) berbantuan lagu terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IVA sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVB sebagai kelompok kontrol, masing-masing berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah perlakuan. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 6,740 lebih besar daripada ttabel sebesar 1,677 pada taraf signifikansi 5% (one-tailed). Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode TPR berbantuan lagu dan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode TPR berbantuan lagu berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris siswa sekolah dasar.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Banga. L. C. & Joynica.S. 2015. Role of Language in Human Life. International Journal of English Language, Literature and Humanities, 3(6),183-197.
Bennett, P. A. (2019). The effects of music in the foreign language learning classroom. Relay Journal, 2(1), 6-16.
Dwiastuty, N., Doni, A., & Tri, A. 2016. Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Metode Total Physical Response (TPR). Jurnal Ilmiah Kependidikan. 3(1): 29-34.
Fidyati, I., Saifullah, & Rizki, D. (2018). Teaching English International Lingua Franca (ELF) in ASEAN Economic Community Context: Teachers and Students Perspectives. In Proceedings of MICoMS 2017 (pp. 127-133). Emerald Publishing Limited.
Helmi. (2024). The effectiveness of using songs to improve vocabulary acquisition in primary school students. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 12(1), 45-58. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/SANGKALEMO/article/view/17508
Ilmi, P. A. D. (2022). Students’ perception of total physical response method in teaching English vocabulary at ban nonsawan school, Thailand. JOLLT Journal of languages and Language Teaching, 10(2), 266-275.
Khamroh, N. I., Giyartini, R., & Rahayu, E. (2024). Pengaruh metode total physical response (TPR) dalam peningkatan keterampilan penguasaan kosakata siswa pada kegiatan ekstrakurikuler english club. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(4), 765-771.
Mailani, E., & Hareza, Y. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Papan Bilangan Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Perkalian Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 5717-5728.
Mailani, E., Saragih, D. I., Pandiangan, L. L., Bangun, S. L.,Ade, N. F., & Amelia, V. Q. (2024). Pengaruh Metode Berbasis Permainan Edukatif Dalam Pengajaran Operasi Bilangan Bulat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD IT Insan Madani. Journal of Citizen Research and Development, 1(2), 753-757.
Nurmayani, N., Syuaib, M. Z., & Jannatin, Ã. (2016). Pengaruh Gaya Belajar VAK Pada Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa SMP Negeri 2 Narmada Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(1), 13-21.
Rangkuti, I., Tarigan, A. D. U. B., & Siregar, A. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Model Picturen and Picture Dengan Model Example Non Example Di Kelas V SD Negeri 066047 Medan Ta 2018/2019. Jurnal Guru Kita, 4(1), 66-72.
Richard, J. C., & Rodgers, T. 2014. Approaches and Methods in Language Teaching. United Kingdom: Cambridge University Press
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Tamba, R., & Ginting, E. A. B. (2023). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Pelajaran Matematika Dengan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Negeri Percontohan Kabanjahe. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 2(2), 238-248.