PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WIZER.ME TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS KELAS V SDN 3 SARIMARRIHIT

Isi Artikel Utama

Febby ontryna Limbong
Waliyul Maulana Siregar
Robenhart Tamba
Apiek Gandamana
Winara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Wizer.me terhadap keterampilan berpikir kritis kelas V SDN 3 Sarimarrihit. Populasi yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 22 orang siswa kelas V di SDN 3 Sarimarrihit. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan metode Pre Eksperimen Design dengan tipe one-Group Pretest- Posttest Design. Dengan mengumpulkan data melalui soal tes berbentuk pilihan ganda dari pretest dan posttest serta menggunakan uji statistik yaitu uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji Paired Sample t-Test, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai ini lebih kecil dari taraf signifikansi yang digunakan dalam penelitian, yaitu α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test setelah diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Wizer.me. Lalu, terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya model Problem Based Learning berbantuan Wizer.me. Rata-rata (mean) nilai siswa meningkat dari 57,95 pada saat pre-test menjadi 85,68 pada post-test. Rata-rata (mean) nilai siswa meningkat dari 57,95 pada saat pre-test menjadi 85,68 pada post-test. Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan, keterampilan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Nilai median juga mengalami peningkatan dari 65 menjadi 85, yang menandakan bahwa nilai tengah siswa berada pada kategori yang lebih tinggi setelah pembelajaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Limbong, Febby ontryna, Waliyul Maulana Siregar, Robenhart Tamba, Apiek Gandamana, dan Winara Winara. “PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WIZER.ME TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS KELAS V SDN 3 SARIMARRIHIT”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2770–2779. Diakses Desember 6, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3086.
Bagian
Artikel

Referensi

Erawati, N. K., Kadek, N., Purwati, R., Wayan, N., Putri, S., Wayan, I., & Wardika, G. (2023). Sebagai Media Pembelajaran Digital. Edisi Januari, 4(2), 126. https://doi.org/10.37296/jpi.v4i2.133

Fadillah, M. (2022). Teknologi Merupakan Solusi Bagi Guru Untuk Menjadikan Pembelajaran Lebih Efisien. 1, 1–5. https://doi.org/10.31237/osf.io/qbp8x

Hakim, A. N., & Yulia, L. (2024). Dampak Teknologi Digital Terhadap Pendidikan Saat Ini. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(1), 145–163. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Meliasari, S., M, D., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Di Sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 3(2), 195-207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849

Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645

Tsabitah, R. T., & Raharjo, M. (2023). Pengembangan E-Lkpd Interaktif Berbasis Website Wizer.me Pada Tema 2 Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan Di Kelas V Sdn 64 Palembang. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 22–31. https://sij-inovpend.ejournal.unsri.ac.id/index.php/JIP