PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SDN 107399 BANDAR KHALIPAH
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Multimedia Interaktif Berbantuan Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas V SDN 103799 Bandar Khalipah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experiment. Sampel penelitian ini menggunakan keseluruhan siswa kelas V, Populasi pada penelitian di kelas V dengan total keseluruhan siswa sebanyak 40 orang. Instrument penelitian menggunakan tes pretest dan posttest yang telah melalui Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Tingkat Kesukaran, Uji Daya Pembeda. Teknik analisis dilakukan melalui Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa diperoleh rata-rata pada kelas ekperimen setelah diberikan pelakuan yaitu 17,7 dan diperoleh nilai rata-rata pada kelas ekperimen sebelum diberikan perlakuan yaitu 10,27. Pada kelas kontrol nilai rata-rata setelah diberikan perlakuan 10,3 dan diperoleh nilai rata-rata sebelum diberikan perlakuan 7,7. Uji normalitas data post-test diketahui 0,62 > 0,05 pada kelas eksperimen dan 0,058 > 0,05 pada kelas kontrol, dapat dinyatakan kedua kelompok berdistribusi normal. Uji homogenitas dilakukan dengan ketentuan nilai signifikansi > 0,05 bernilai 0,215 > 0,05 dinyatakan sampel pada kedua kelompok memiliki varians yang sama. Uji hipotesis dilakukan dengan ketentuan nilai signifikansi (2 tailed) < 0,05 artinya Ha diterima Ho ditolak. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) 0,001 < 0,05, membuktikan Ha diterima Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh multimedia interaktif berbantuan adobe flash terhadap hasil belajar pada materi keberagaman budaya indonesiaku pada kelas V SDN 103799 Bandar Khalipah.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
A.M, Sardiman.(2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Rajawali Pers
Aribowo. P.W., Sukarjo (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif
Adobe Flash Berbasis Budaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS Siswa Kelas V SDN
Kertomulyo 01 Kabupaten Pati ( Jouyful Learning Journal)., 11 (1), 2252-6366. Diakses dari
https://journal.unnes.ac.id/sju/jlj/article/view/54262
Asih. R. K., Priyanto. A (2019). Pengaruh Implementasi Media Film “Trash” Dalam
Pembelajaran Ppkn Terhadap Pemahaman Nilai-Nilai Antikorupsi Siswa Smp (Jurnal Agora).,
(1), 102. Dikases dari https://journal.student.uny.ac.id/civics/article/view/14636/14208
Depdiknas. (2003). Pasal 1 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Republik Indonesia Depdiknas. (2006). Kurikulam
Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran PKn.Jakarta: Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamaluddin, Ahdar & Wardana. 2019. Belajar Dan Pembelajaran: Sulawesi.Selatan: CV. Kaaffah
Learning Center. El, Ihsana Khuluqo. 2017.
Dr. Sandu Siyoto, SKM, M.Kes, M. Ali Sodik, M. (2015). Buku Metode Penelitian
Kualitatif dan Kuantitatif (Issue March).
Gandamana, A & Marisa. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi
Berbasis Animaker Pada Pembelajaran Tema 3 Sub Tema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan
di Kelas 5 SD Negeri 10 Rantau Prapat. Elementary School Journal. Vol. 11 No. 3. hal. 214
Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Hamalik, Oemar.
Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Harsiwi, dkk (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif terhadap
Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar ( Jurnal Basicedu)., 4 (4) 1104-1113.
Harsiwi, dkk (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif terhadap
Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar ( Jurnal Basicedu)., 4 (4) 1104-1113.
Herman Dwi Surjono. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: UNY
Hidayatullah, F. (2010). Pendidikan karakter: Membangun peradaban bangsa. Kleco,
Kadipiro Surakarta: Yuma Pustaka.
Kaelan, & Zubaidi, A. (2007). Pendidikan kewarganegaraan untuk perguruan tinggi.
Yogyakarta: Paradigma.
Kelly, A.V. 2006. The Curriculum Theory and Practice. Lond Production.
Marlina, Leni dan Sholehun. 2021, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil
Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten
Sorong.”FRASA:Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 2(1).
Maryanto, Fransiska, Kusumawati, H., Puspa, D., & Subekti A. (2017). Peristiwa Dalam
Kehidupan. (Buku Siswa). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nana, S. (2001). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nandari. K dkk (2023) . Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe
Flash pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 235 Palembang (Jurnal Pendidikan Tambusai).,
(1), 355-356.
Priansa, D.,J. (2017) Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran. Bandung: Pustaka
Setia.
Purwanti, L. M. (2021). Media Pembelajaran dIgital interaktif. Berbasis Adobe Flash pada
masa pandemi di sekolah dasar.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.
Ricardo & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar
Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188-209.
Suprijono, A.(2014) Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kuaitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D. Alfabeta.
Waliyul, M, S, dkk. (2024) Peran Kurikulum Merdeka Dalam Pembentukan
Kepemimpinan Anak-Anak di SD Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila.
Jurnal Pendidikan Inklusif. Vol 8 No. 3Wibowo, E, H. 2017. Flash Book – Menciptakan
Company Profile Dengan Adobe Flash. Yogyakarta: Penerbit Andi Press Arikunto, S (2017).
Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Wibawanto, W (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif.
Jember: Cerdas Ulet Kreatif.
Yuliatin. (2021). Character education based on local wisdom in Pancasila perspective.
Journal of Legal, Ethical and Regulatory Issues, 24, 1–11.