PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS VB SD NEGERI 027950 BINJAI KOTA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian Ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Prezi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas VB SD Negeri 027950 Binjai Kota. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Sampel kelompok diambil dengan cara total sampling yang berjumlah 23 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan berganda. Sebelum diberikan kepada siswa terlebih dahulu melewati uji coba instrument kemudian uji coba persyaratan dengan uji hipotesis Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest sebesar 55.21. Selanjutnya, setelah diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran Prezi maka diperoleh nilai rata-rata posttest ialah sebesar 79,13. Dari hasil uji t diperoleh thitung 38,24 sedangkan ttabel 1,717, karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Prezi terhadap hasil belajar pendidikan Pancasila kelas VB SD Negeri 027950 Binjai Kota.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Mailani, Elvi, et al. "Pengembangan Media Berbasis Interactive Audio Interacton (IAI) Bagi Mahasiswa PGSD UNIMED." ESJ (Elementary School Journal, 9 (4) (2019).
Siregar, Waliyul Maulana, et al. "Peran Guru Penggerak sebagai Agen Perubahan Pendidikan." JGK (Jurnal Guru Kita) 8.1 (2023): 1-8
Zahara, J., Gandamana, A., Sitohang, R., Winara, W., & Aulia, S. M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas II SD Panca Budi TA 2023/2024. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 5394-5411.