PENGEMBANGAN E-MODUL CABANG OLAHRAGA ATLETIK NOMOR LARI PADA MATA PELAJARAN PJOK DI KELAS IV SD NEGERI 064959 KEC. MEDAN AREA

Isi Artikel Utama

Nia Afrilda Nasution
Khairul Usman
Apiek Gandamana
Winara
Putra Afriadi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul cabang olahraga atletik nomor lari
pada mata pelajaran PJOK untuk siswa kelas IV SD Negeri 064959 Kecamatan Medan Area.
Pengembangan dilakukan untuk mengatasi keterbatasan bahan ajar konvensional yang kurang
interaktif dan belum mendukung pembelajaran mandiri serta berbasis teknologi. Metode penelitian
yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define,
Design, Develop, dan Disseminate). Instrumen pengumpulan data meliputi observasi, wawancara,
angket validasi, dan tes belajar. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi
pendidikan, serta uji coba kepada peserta didik. Hasil validasi menunjukkan bahwa E-Modul yang
dikembangkan berada pada kategori “sangat layak” dari segi isi dan tampilan. Praktikalitas E-Modul
juga dinilai tinggi oleh guru pengguna. Selain itu, hasil uji efektivitas menunjukkan adanya
peningkatan hasil belajar peserta didik berdasarkan perbandingan nilai pretest dan posttest dengan
kategori peningkatan “tinggi”. Dengan demikian, E-Modul ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif
untuk digunakan sebagai bahan ajar pada pembelajaran PJOK materi atletik nomor lari di sekolah
dasar.
Kata Kunci: E-Modul, Atletik, PJOK, Model 4D

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nasution, Nia Afrilda, Khairul Usman, Apiek Gandamana, Winara Winara, dan Putra Afriadi. “PENGEMBANGAN E-MODUL CABANG OLAHRAGA ATLETIK NOMOR LARI PADA MATA PELAJARAN PJOK DI KELAS IV SD NEGERI 064959 KEC. MEDAN AREA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 3184–3190. Diakses Desember 6, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3152.
Bagian
Artikel

Referensi

Alutfi, S. M. (2024). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Kombinasi Gerak Dasar Atletik dalam Pembelajaran PJOK Peserta didik Kelas V SD/MI.

Amaliya, R. S., & Susarno, H. L. H. (2020). Pengembangan E-Module "Perang Dingin" Kelas Xii Ips di Sma Negeri 19 Surabaya

Arifin, Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, S., 2021. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2), 71-90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.210

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA.

Azwar. (2015). Penyusunan Skala Psikologi (Edisi2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar. (2017). Validitas dan Reliabilitas Komitmen Organisasi Menggunakan Confimatory Analisi Faktor (CFA), 45.

Dewi, S. S., Hariastuti, R. M., & Utami, A. U. (2019). Analisis Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda Soal Olimpiade Matematika (Omi) Tingkat Smp Tahun 2018. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 15–26. https://doi.org/10.36526/tr.v3i1.388

Fatihah, A. M. (2022). Pengembangan E-Modul pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) berbasis aktivitas bermain. Wahana Didaktika, Volume(Edisi), halaman. ISSN: 2621-4075. Jurnal terakreditasi SINTA 5.

Fitria, A. D., Mustami, M. K., & Taufiq, A. U. (2017). "Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal Pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati Di Kelas X Di SMA 1 Pitu Riase Kab. Sidrap." Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 14–28.

Ghozali. (2020). Reliabilitas. In A. Marzuki, C. Armereo, & P. F. Rahayu, Praktikum Statistik (p. 66). Malang: Ahli media Press.

Juniarti, T., Prananosa, A. G., & Syafutra, W. (2022). Pengembangan E-Book Teknik Gerak Dasar Atletik Peserta didik Kelas 5 Sd Negeri 39 Kota Lubuklinggau. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (JPJO), 6(1), 136–144. https://doi.org/10.31539/jpjo.v6i1.4541

Kadek Benny Vanorika, G. S. (2016). Pengembangan E-Modul berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Sitem Operasi Jaringan Kelas XI SMK Negeri 3 Sigaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 1.

Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kosasih, (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Laili, 1., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. JIPP (Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran), 3(3), 306-315.

Maharcika, A. A. M., Suarni, N. K., & Gunamantha, 1. M. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E-Mochil) Berbasis Flipbook Maker untuk Subtema Pekerjaan di Sekttarku Kelas IV SD/MI PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 165-174.

Mustadi, A. (2020). Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. UNY Press.

Novitasari. (2018). Pengembangan modul pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (Penjaskes) melalui pendekatan jelajah alam sekitar untuk kelas II SD/MI.

Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19-32.

Purwanto.(2017). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Putra, Nusa. (2015). Research & Development Penelitian dan Pengembangan Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rendana, Fitri. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berupa Kartu Domino Pada Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Kelas IV SD/MI Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan Research Dan Development. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2017).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, Sivasailam; And Others.1974. “Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook.” Indiana Univ., Bloomington. Center for Innovation In. (Mc).

Usman, K. (2019). Pengembangan Peralatan Modifikasi Atletik Pada Pembelajaran Pjok Tingkat Sekolah Dasar:Jurnal Ilmiah Stok Bina Guna Medan,7(1), 18-23.

Wahyuni, Zahra Ade, Yerimadesi. (2021). Praktikalitas E-Modul Kimia Unsur Berbasis Guided Discovery untuk Peserta didik Sekolah Menengah Atas. EDUKATIF (Jurnal Ilmu Pendidikan), 3 (3), 681-688.

Winara. (2023). Pengembangan Media Papan Huruf Geser Pada Keterampilan Membaca Permulaan Kelas 1 Tema 3 Subtema 1 Di SDN 044845 Payanderket, 2(4), 41-50

Yunita sulastri, (2023). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul Dalam Proses Pembelajaran Jurnal Citra Pendidikan 3 (3):1139-1146.