PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WIZER.ME TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS KELAS V SDN 3 SARIMARRIHIT
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Wizer.me terhadap keterampilan berpikir kritis kelas V SDN 3 Sarimarrihit. Populasi yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 22 orang siswa kelas V di SDN 3 Sarimarrihit. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan metode Pre Eksperimen Design dengan tipe one-Group Pretest- Posttest Design. Dengan mengumpulkan data melalui soal tes berbentuk pilihan ganda dari pretest dan posttest serta menggunakan uji statistik yaitu uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji Paired Sample t-Test, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai ini lebih kecil dari taraf signifikansi yang digunakan dalam penelitian, yaitu α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test setelah diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Wizer.me. Lalu, terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya model Problem Based Learning berbantuan Wizer.me. Rata-rata (mean) nilai siswa meningkat dari 57,95 pada saat pre-test menjadi 85,68 pada post-test. Rata-rata (mean) nilai siswa meningkat dari 57,95 pada saat pre-test menjadi 85,68 pada post-test. Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan, keterampilan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Nilai median juga mengalami peningkatan dari 65 menjadi 85, yang menandakan bahwa nilai tengah siswa berada pada kategori yang lebih tinggi setelah pembelajaran.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Erawati, N. K., Kadek, N., Purwati, R., Wayan, N., Putri, S., Wayan, I., & Wardika, G. (2023). Sebagai Media Pembelajaran Digital. Edisi Januari, 4(2), 126. https://doi.org/10.37296/jpi.v4i2.133
Fadillah, M. (2022). Teknologi Merupakan Solusi Bagi Guru Untuk Menjadikan Pembelajaran Lebih Efisien. 1, 1–5. https://doi.org/10.31237/osf.io/qbp8x
Hakim, A. N., & Yulia, L. (2024). Dampak Teknologi Digital Terhadap Pendidikan Saat Ini. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(1), 145–163. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu
Meliasari, S., M, D., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Di Sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 3(2), 195-207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645
Tsabitah, R. T., & Raharjo, M. (2023). Pengembangan E-Lkpd Interaktif Berbasis Website Wizer.me Pada Tema 2 Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan Di Kelas V Sdn 64 Palembang. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 22–31. https://sij-inovpend.ejournal.unsri.ac.id/index.php/JIP