PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL QUIZ TEAM SUBTEMA AKU DAN CITA-CITAKU DIKELAS IV SD NEGERI 200405 PADANGSIDIMPUAN

Isi Artikel Utama

Maisah Ranti Batubara
Nurbaiti Nurbaiti
Abdi Tanjung
Afdhal Ilahi
Khoiruddin Saleh Siregar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model quiz team subtema aku dan cita-citaku dikelas IV SD Negeri 200405 Padangsidimpuan. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 200405 Padangsidimpuan.Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas.Teknik pengumpulan data melalui lembar soal tes dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru.Berdasarkan hasil pengamatan observer aktivitas belajar siswa dan guru meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I 62,5% aktivitas siswa dan 70,4% aktivitas guru. Pada siklus II meningkat 87,5% aktivitas siswa dan 86,3% aktivitas guru. Hasil belajar siswa diukur melalui tes yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Siklus I mencapai 62,5%  atau 15 orang siswa sudah mencapai KKM 37,5% siswa yang belum mencapai KKM. Siklus II meningkat menjadi 91,6% atau 22 orang siswa sudah mencapai KKM 8,33% atau 2 orang siswa belum mencapai KKM. Peningkatan hasil belajar mencapai 29,1%. Hal tersebut dapat membuktikan bahwa dengan menggunakan model quiz team dapat meningkatkan hasil belajar siswa subtema aku dan cita-citaku dikelas IV SD Negeri 200405 Padangsidimpuan.


 


Kata kunci: Hasil Belajar, Siswa, Model, Quiz Team.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ranti Batubara, Maisah, Nurbaiti Nurbaiti, Abdi Tanjung, Afdhal Ilahi, dan Khoiruddin Saleh Siregar. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL QUIZ TEAM SUBTEMA AKU DAN CITA-CITAKU DIKELAS IV SD NEGERI 200405 PADANGSIDIMPUAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 2 (Mei 30, 2022): 39–47. Diakses November 21, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/316.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 6