PENGEMBANGAN ELEKTRONIK LEMBAR KERJA PESERTADIDIK (ELKPD) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PBL MATERI META MORFOSIS, PERUBAHAN BENTUK MAHKLUK HIDUP MATA PELAJARAN IPAS PADA KELAS III SDN 11 SITIUNG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian pengembangan elektronik lembar kerja peserta didik (E-LKPD) berbasis model pembelajaran PBL materi metamorfosis, perubahan bentuk makhluk hidup mata pelajaran IPAS pada kelas III SD ini bertujuan untuk meghasilkan bahan ajar yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang peneliti gunakan yaitu penelitian Research dan Development (R&D) dengan menggunkan model pengembangan 4-D yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu : pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu peserta didik dikelas IV SDN 11 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Hasil dari validasi ahli isi /materi, validasi ahli bahasa, dan validasi ahli kegrafikaan memperoleh nilai rata-rata 85,44% yang dikategorikan “sangat valid”, sehingga produk elektronik lembar kerja peserta didik (E-LKPD) tersebut dapat digunkan. Hasil validasi ahli modul ajar mendapatkan nilai rata-rata 82,21% yang dikategorikan “sangat valid”,sehingga modul ajar yang digunkan dalam pengembangan produk elektronik lembar kerja peserta didik (E-LKPD) tersebut dapat digunakan. Hasil validasi ahli soal dalam mengembangankan produk E-LKPD mendapatkan nilai rata-rata 84,99% yang dikategorikan “sangat valid”, sehingga soal instrument efektivitas berupa tes hasil belajar dalam mengembangkan produk E-LKPD tersebut dapat digunakan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Anggrayni, M., & Agustina, V. (2023). Pengembangan asesmen diagnostik ipas dalam kurikulum merdeka kelas iv sdn 01 Sitiung. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5812-5820.
Anggrayni, M., Filahanasari, E., & Astuti, P. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas V SDN 16 Koto Baru. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 88-97.
Anggrayni, M., Filahanasari, E., & Astuti, P. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas V SDN 16 Koto Baru. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 88-97.
Anggrayni, M., Khairita, M. N., & Riski, F. A. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kearifan Lokal Mata Pelajaran IPAS Bab 5 Kelas IV SDN 02 Sungai Rumbai. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(2), 444-452.
Anggrayni, M., Susilawati, W. O., Batuzzulfa, A., Putri, D. A., & Kharisna, F. (2024). DEVELOPMENT OF AN ELECTRONIC MODULE (E-MODUL) IN IPAS BASED ON A PROJECT BASED LEARNING (PJBL) MODEL IN CLASS IV AT SDN 06 SITIUNG, DHARMASRAYA DISTRICT. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 881-889.
Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination Dan Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 29. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2298
Arum, A. P. (2020). Strategi Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Kuliah Penataan Rambut. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 132–139. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i2.16490
Darniyanti, Y. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN COMIC BERBASIS COMIC LIFE MATERI BENTUK-BENTUK ENERGI UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 6157-6159.
Darniyanti, Y., & Wulandari, T. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA KELAS 1 SDN 05 PULAU PUNJUNG. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 562-571.
Darniyanti, Y., Budianto, A. A., & Anggrayni, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Papan Roda Baca Pintar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 UPT SD Negeri 13 Sitiung. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 16997-17008.
Darniyanti, Y., Arensi, T., & Subhan, M. (2023). Pengembangan Video Menggunakan Aplikasi Capcut Pada Pembelajaran Ips Materi Peduli Terhadap Makhluk Hidupsiswa Kelas Iv Di Sdn No 21/Vi Rantau Suli. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5343-5355.
Darniyanti, Y., Subhan, M., & Hoiriyanti, Y. (2023). Pengembangan media video animasi pada muatan ips menggunakan aplikasi capcut di kelas V Sdn 01 Koto Baru. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 870-879.
Ellysia, A., & Irfan, D. (2021). Pengembangan e-Modul Dengan Flip PDF Professional pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 9(3), 91. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i3.113525
Johan, J. R., Iriani, T., & Maulana, A. (2023). Penerapan model four-D dalam pengembangan media video keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Jurnal Pendidikan West Science, 1(06), 372-378.
Kholifahtus, Y. F., Agustiningsih, & Wardoyo, A. A. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Materi Magnet. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, https://doi.org/10.52217/pedagogia.v5i1.1205 5(1), 91–102.
Okpatrioka, O. (2023). Research and development (R&D) penelitian yang inovatif dalam pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86-100.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children.