PENERAPAN TEKNIK LOOK AND SAY DALAM MENINGKATKAN DURASI KONTAK MATA ANAK AUTIS DI RA AL- IZZAH Anak Autis
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Penerapan Teknik Look And Say pada anak autis ini dapat meningkatkan durasi kontak mata di RA Al – Izzah. Sebagaimana yang sudah terjadi pada temuan lapangan bahwa peserta didik terlihat masih belum mampu melakukan kontak mata dengan baik sehingga terjadinya kesulitan dalam fokus belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal (Single Subject Reseacrh) desain penelitian A- B-A. Subjek yang terdapat pada penelitian ini adalah peserta didik yang terdapat di RA Al – Izzah, Kota Serang yakni, R.R.D. Target Behavior dalam penelitian ini adalah meningkatkan durasi kontak mata. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan teknik Look and Say dapat meningkatkan durasi kontak mata peserta didik. Perolehan data terhadap subjek yang telah didapatkan dari nilai mean level fase Baseline-1 (A1) adalah 0 subjek ini sudah diteliti berada dalam kondisi alamiah tanpa terjadinya perlakuan atau intervensi. Pada fase Intervensi (B) rata – rata persentase atau mean level subjek sebesar 2,125 karena pada fase ini subjek sudah mulai diberikan perlakuan atau Intervensi berupa teknik Look and Say. Sementara pada fase Baseline-2 (A2) rata – rata presentase atau mean level subjek 2 atau meningkat dari Baseline-1. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik Look and Say memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan durasi kontak mata anak autis di RA Al – Izzah.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
A, Qotrun. (2021). Pengertian Kerangka Pemikiran: Cara Membuat dan Contoh, https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-kerangka-pemikiran/, diakses pada 26 Maret pukul 11.47.
Anggun, A., Rahmahtrisilvia, R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata melalui Metode Look and Say bagi Anak Gangguan Spektrum Autisme. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Della, Prisca (2014). Penerapan Metode Komunikasi Non Verbal yang dilakukan guru pada anak – anak autis di Yayasan Pelita Bunda Therapy Center Samarinda. 80
Ditamei, Stefani. (2022). Jenis Teknik Pengumpulan Data beserta Pengertian dan Contohnya, http://repository.stei.ac.id/3156/4/Bab%203.pdf, diakses pada 23 April pukul 13.45.
Ensiklopedia, wikipedia. (2022). Kontak Mata, https://id.wikipedia.org/wiki/Kontak_mata, diakses pada 17 Maret pukul 15.58.
Ensiklopedia, wikipedia. (2022). PendidikanKhusus, https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_khusus, diakses pada 10 februari 2023 pukul 11.03.
Fikri, Hana Cintami,S.Pd. (2022). Pentingnya Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus, https://www.slbautisma- yppabukittinggi.sch.id/berita/detail/420734/pentingnya-pendidikan-bagi-anak-berkebutuhan khusus/#:~:text=Pendidikan%20bagi%20anak%20berkebutuhan%20khusus%20banyak%20membawa%20manfaat%20bagi%20anak,dimiliki%20ole h%20anak%20pada%20umumnya, diakses pada 10 februari pukul 11.27.79
Garbi, Sarah. (2022). How tp Help a Child Who Doesn’t Like Eye Contact, https://www.verywellfamily.com/how-to-help-a-child-who-does-not-like- eye-contact-5213949, diakses pada 25 Maret pukul 19.28.
Guswita, Siskandi. (2019). 5 Tahap Membangun Kontak Mata Siswa SLB Autisma YPPA Padang, https://www.slbautisma- yppapadang.sch.id/berita/detail/145186/5-tahap--membangun- kontak- mata-siswa-slb-autisma-yppa-padang/, diakses pada 26 Maret pukul 01.45.
Hari ini, Berita. (2021). Pengertian, Fungsi, dan Contoh Batasan Masalah dalam Penulisan Riset, https://m.kumparan.com/amp/berita-hari-ini/pengertian- fungsi-dan-contoh-batasan-masalah- dalam-penulisan-riset- 1x5CmMe46Gw, diakses pada 26 Maret 03.23.
Haura, Restu (2024). Penerapan Metode Brain Gym Dalam Meningkatkan Konsentrasi Anak Dengan Hambatan Intelektual Kelas VII SMPKH-C1 di SKh Samantha Kota Serang.
P, Gilang. (2021). Memahami Tujuan dan Fungsi Pendidikan di Indonesia, https://gramedia.com/literasi/tujuan-dan-fungsi-pendidikan-di-indonesia/, diakses pada 10 februari 2024 pukul 10.36.
Panggoa, S.T., Sulasminah, D., Mustafa. (2023). Meningkatkan Durasi Kontak Mata Anak Autis Melalui Teknik Look and Say Di Sekolah Luar Biasa . Journal Of Art, Humanity & Social Studies .
Putri, Khalda (2023). Penerapan Teknik Shaping dalam Meningkatkan Pola Interaksi Sosial Siswa dengan Hambatan Intelektual Ringan kelas VI di SKh 01 Kota Serang dengan Lingkungan Sekitar.
Salma. (2023). Identifikasi Masalah: Definisi, Bagian, Cara Membuatnya, https://penerbitdeepublish.com/identifikasi-masalah/amp/, diakses pada 26 Maret 06.37.
Selmi., Sulasminah, D., Mustafa. (2023). Meningkatkan Durasi Kontak Mata Anak Autis Melalui Teknik Look and Say di SLB
Tysara, Laudia. (2023). Pengertian Tujuan Penelitian yang Mudah Dimengerti, Lengkap Jenis - Jenisnya, https://www.liputan6.com/hot/read/5307002/pengertian-tujuan-penelitian- yang-mudah- dimengerti-lengkap-jenis-jenisnya, diakses pada 26 Maret pukul 08.11.
Yasmine. (2017). Jangan Remehkan Pentingnya Kontak Mata Untuk Otak Anak”, https://www.liputan6.com/health/read/3180969/jangan-remehkan- pentingnya-kontak-mata-untuk- otak-anak, diakses pada 17 Maret pukul 14.09.
Yayasan Pendidikan Taman Pelangi Sorowako. Journal Of Art, Humanity & Social Studies.