PENGGUNAAN METODE SUKU KATA (SYLLABIC METHOD) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA DENGAN LEARNING DISABILITY KELAS 9 DI SMP NEGERI 278 JAKARTA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini disusun dengan dilatarbelakangi oleh keadaan siswa yang diidentifikasi kesulitan belajar belum mengenal huruf abjad, belum dapat membaca suku kata dan belum dapat membaca kata maupun kalimat dengan lancar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak kesulitan belajar dengan metode suku kata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen menggunakan penelitian subjek tunggal (Single Subject Research) dengan analisis dalam dan antar kondisi. Hasil yang didapatkan yaitu setiap fase pada penelitian ini mengalami grafik yang selalu meningkat. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan mean level pada fase baseline- 1 (A1) sebesar 78,6%, pada fase intervensi (B) sebesar 86,6% dan pada fase baseline- 2 (A2) sebesar 84,1%. Maka dapat dikatakan bahwa penggunaan metode suku kata ini dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan kesulitan belajar.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Achmed, U. (2011). Kekurangan dan Kelebihan dari Tiap Metode Pembelajaran Bahasa. Mataram : Sanabil.
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI ed.). Jakarta : Rineka Cipta.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca (ed. 1 cet. 2 ed.). Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Devega, E. (n.d.). TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. Kementerian Komunikasi dan Informatika. Retrieved January 11, 2024
Payadnya, I. P. A. A., & Trisna, I. G. A. N. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta : Budi Utama.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Pengantar Penelitian dengan Subyek Tunggal. CRICED University of Tsukuba.
Zuchdi, D., & Budiasih. (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta : PAS.