PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BEAUTY MUSTIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KETERAMPILAN TATA RIAS WAJAH DASAR PADA SISWA TUNARUNGU KELAS X SMALB DI SKH MBU KAB. PANDEGLANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video beauty Mustika yang layak dijadikan sebagai sarana pembelajaran untuk memberikan informasi materi keterampilan tata rias wajah dalam meningkatkan kemampuan keterampilan tata rias wajah dasar pada siswa tunarungu kelas X SMALB di SKh MBU Kab. Pandeglang. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil analisis kebutuhan memperlihatkan bahwa siswa tunarungu kelas X SMALB di SKh MBU Kab. Pandeglang memiliki tingkat kemampuan keterampilan tata rias wajah berkategori sedang dengan nilai sebesar 80%, dan 20% tinggi. Untuk itu mengisyaratkan bahwa masih dibutuhkannya layanan atau media pembelajaran yang efektif untuk dapat membantu meningkatkan kemampuan keterampilan tata rias wajah dasar pada siswa. Hasil validasi ahli media, materi juga praktisi memperoleh bahwa media video beauty Mustika sangat layak digunakan dengan memperoleh persentase kelayakan masing-masing media sebanyak 80%, materi 89%, dan praktisi sebesar 96%. Selanjutnya perolehan rata-rata nilai sebanyak 88%. Dalam uji coba terbatas, terdapat peningkatan pada skor keterampilan tata rias wajah dasar pada siswa sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) hadirnya media video beauty Mustika. Hasil uji Wilcoxon mendapati perbedaan yang signifikan pada skor pretest juga posttest (Z=2,555; p=011), dapat diartikan bahwa penggunaan media video beauty Mustika dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan keterampilan tata rias wajah dasar pada siswa. Peningkatan kemampuan keterampilan tata rias wajah dasar dapat terlihat dari meningkatnya pemahaman siswa dalam mengenal jenis dan kegunaan dari masing-masing alat riasan dasar dengan secara mandiri. Maka dari itu, media video beauty Mustika yang telah dikembangkan dapat terbukti kelayakannya juga dapat dikatakan efektif untuk digunakan sebagai sarana media yang menarik dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar keterampilan tata rias wajah dasar di SKh MBU Kab. Pandeglang.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Aminah, S., Nira, R., & Sugeng, W. (2021). Eksperimentasi Pembelajaran Daring dengan Video Conference Pada Program Studi Teknik Informatika di Masa Pandemi. Teknika, 10(1), 37–42. https://doi.org/10.34148/teknika.v10i1.323
Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta
Bahruddin, & Hamdi. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama
Andrianti, T. K. (2017). Penerapan Make Up Panggung Untuk Warna Kulit Wajah Gelap pada Bentuk Wajah Oval [Skripsi]. Universitas Negeri Jakarta.
David, E. R., Mariam, S., & Stefi, H. (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Acta Diurna, VI(1).
Elihami, S. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video pada Pembelajaran PKN di Sekolah Paket C.
Fadhili, R. (2020). Pola Komunikasi Tuna Netra dan Tuna Rungu [Skripsi]. Universitas Islam Negeri SYarif.
Febrianti, S., & Sri, I. (2023). Pengembangan Video Tutorial Make Up Flawless pada Modifikasi Tata Rias Pengantin Sunda Putri. Jurnal Tata Rias, 13(02).
Fitriana, D. A., Dewa, A. M., & Made, D. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial pada Mata Pelajaran Rias Wajah Panggung. Jurnal Bisoparis: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 13(3). https://doi.org/10.23887/jppkk.v13i3.53519
Hanifah, N. (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: UPI PRESS.
Hidayati, D. W. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Tunarungu Usia 12-15 Tahun di Panti Sosial Bina Rungu Wicara Melati. El-Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 03(01).
Kholisah, S. N., & Krisnawati, M. (2019). Perbedaan Hasil Pengaplikasian Teknik GAM Alis Menggunakan Eye Brow Pencil, Powder dan Cream pada Tata Rias Pengantin Muslim. Beauty and Beauty Health Education Journal, 8(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/bbhe
Kustanti, et al. (2008). Tata Kecantikan Kulit untuk Menengah Kejuruan. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. https://nos.jkt-1.neo.id/bse/perpustakaan/0/0971_6602.pdf
Kusumadewi. (2022). Perawatan dan Tata Rias Wajah Wanita Usia 40+. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum
Mardiah, A., & Murni, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Rias Karakter Tiga Dimensi Luka Bakar di SMKN 6 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3).
Muanis, A. (2022). Pengaruh Metode Drill dalam Meningkatkan Kemampuan Tata Rias Dasaar Anak Tunarungu di SKh Negeri 02 Kota Serang [Skripsi]. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Mufiddah, R. K., Moh, E. dan, & Sulthoni. (2019). Program Vokasional Siswa Tunagrahita di SMALB Malang (Studi multi situs di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Malang). Jurnal Ortopedagogia, 5(2), 74–80.
Mukhtazar, M. P. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Absolute Media
Nilamsari, D. F. (2021). Pengaruh Beauty Vlogger, Kualitas Produk, dan Brand Image Terhadap Purchase Decision Kosmetik Emina [Skripsi]. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Ningrum, E. Y., Mahdi, A., Triswandari, R., Studi, P., Luar Biasa, P., & Padang, U. N. (n.d.). Efektivitas Media Video Tutorial dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Tata Rias Kecantikan pada Siswa Tunarungu.
Nofiaturrahmah, F. (2018). Problematika Anak Tunarungu dan Cara Mengatasinya. 6(1), 1–15.
Norma. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Video Pembelajaran pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(2).
Novitasari, R. & Maspiyah. (2016). Pengaruh Penggunaan Jenis Foundation dengan Efek Lighting pada Hasil Tata Rias Karakteristik Prabu Kresna dalam Cerita Bharatayuda. E-Journal, 05(01), 48–54.
Oktaprioka. (2023). Research and Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahaasa Dan Budaya , 1(1).
Oktaviani, R. T., & Administrasi Umum Perpustakaan Nasional RI. (2019). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran dalam Pendidikan dan Pelatihan (Diklat).
Paramitha, R. A. (2010). Analisis Faktor Kepercayaan dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Produk Speedy (Pelanggan Prime Kandatel Semarang) [Thesis]. Universitas Diponegoro.
Prasetya, H., Agustin, A., & Ed Evi, F. R. I. (2018). Layanan Pembelajaran untuk Anak Inklusi (Memahami Karakteristik dan Mendesain Pelayanan Pembelajaran dengan Baik).
Presiden RI. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Prihatiningtyas, D. (2018). Pengaruh Pelatihan Tata Rias Wajah (Make Up) Terhadap Keterampilan Rias Wajah Sehari-hari Pada Karyawan Toko Serba Ada (Departemen Store) [Skripsi]. Universitas Negeri Jakarta.
Purnamasari, D. (2013). Pelaksanaan Program Keterampilan Tata Rias sebagai Upaya Memberdayakan Remaja di Panti Sosial Bina Remaja (PSBR), Tribadi, Sleman, Yogyakarta [Skripsi]. Universitas Negeri Yogyakarta.
Putri, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Multisensori terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan bagi Siswa Tunarungu Kelas I di SLB B Yaat Klaten. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/108357/
Putri, R. A., Rudianto, & Rahmanita, G. (2020). Pengaruh Tayangan Beauty Vlogger dan Perubahan Gaya Hidup Mahasiswi Ilmu Komunikasi FISIP USU dan FIS UIN SU. PERSEPSI: Communication Journal, 3(2), 113–124. https://doi.org/10.30596/persepsi.v%vi%i.4448
Qohar, H. A. (2023). Pengembangan Program Pembelajaran Keterampilan Vokasional Membuat Buket Bunga bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal on Education, 05(04).
Rachman, A., Cande, Y., Andi, I. S., & Hery, P. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (S. Ag. , M. Pd. , M. Si. Dr. Bambang Ismaya, Ed.).
Ramadhan, M. S. P. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara
Rinaldi, S, F., Mujianto, B. (2017). Metodologi Penelitian dan Statistik. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan.
Rusyani, E. (2021). Anak dengan Hambatan Pendengaran. Banten: Media Edukasi Indonesia (Anggota IKAPI)
Saleh, W. A. (2023). Analisis Keterampilan Vokasional Siswa Tunarungu di SLB YPPLB Pangkep. In Maccayya Journal: Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 1, Issue 2).
Setyawan, A. (2019). Komunikasi Antar Pribadi Non Verbal Penyandang Disabilitas di Deaf Finger Talk. 19(2).
Sinaga, M. R. E. (2018). Pengaruh Youtube Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Konsumen dan Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian Produk [Skripsi]. Universitas Brawijaya.
Siswa Berkebutuhan Khusus Raih 5 Penghargaan di Kompetisi Tata Rias Internasional. Kemendikbud. 9 September 2021. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/09/siswa-berkebutuhan-khusus-raih-5-penghargaan-di-kompetisi-tata-rias-internasional. Online (diakses pada tanggal 21 Oktober 2021)
Solihin, A. O. (2016). Profil Tingkat Motivasi Siswa Tunarungu dalam Belajar Pendidikan Jasmani Adaptif. Jurnal Olahraga. http://jurnalolahraga.stkippasundan.ac.id/index.php/jurnalolahraga
Sudjana, N. (2012). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Cetakan ke-8. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta vc
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suryana. (2010). Metode Penelitian Model Praktis Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Bahan Ajar Perkuliahan UPI
Syahril, & Mandalika. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Tata Rias Pengantin Indonesia. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1).
Farasya, T. (2019). Pemula Belajar Make-Up. https://youtu.be/cBMIDR2qZpA?si=IMoKTIyDIyYXfpP7
Thiagarajan Dorothy & Melvyn. (1974). Thiagarajan Sivasailam, Dorothy S. Semmel & Melvyn I. Semmel. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.
Wandini, A. S., Askolani, & Depy, M. P. (2023). Pengaruh Beauty Vlogger dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik pada E-Commerce Shopee (Survei Pada Mahasiswi Universitas Perjuangan Tasikmalaya). In Journal of Indonesian Management (Vol. 3, Issue 3).
Widoyoko, E, P. (2016). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wulandari, N. A., Biyan, Y. W., & Arita, P. (2022). Pengembangan Video Tutorial Sebagai Media Pembelajaran Daring pada Kompetensi Rias Wajah Korektif. E-Journal, 11(1), 23–33.
Yanti, V. F. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Penggunaan Boneka Tangan Pada Murid Tunarungu Kelas VI SD di SLB PK & PLK Galesong. Jurnal Pendidikan Khusus.
Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 91–100.
Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan.