PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PKN MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION DI SD NEGERI 100800 SANDEAN KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA T.A 2021/2022

Isi Artikel Utama

Nuraini Dasopang
Dorisno Dorisno
Nurbaiti Nurbaiti

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas dan hasil belajar PKn siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SD NEGERI 100800 SANDEAN. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Jumlah siswa kelas V 30 orang, instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kreativitas, lembar observasi kegiatan pelaksanaan pembelajaran guru, lembartes akhir siklus. Berdasarkan analisis data lembar kreativitas belajar pada indikator kreativitas dalam menjawab pertanyaan pada siklus I diperoleh skor persentase rata-rata klasikal 46,66% meningkat di siklus II dengan menjadi 79,99%. Hasil belajar siklus I diperoleh rata-rata 61 meningkat di siklus II sebesar 76,66. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas belajar PKn siswa kelas V SD NEGERI 100800 SANDEAN setelah menggunakan model pembelajarn kooperatif tipe group investigation. Kemudian waktu yang harus digunakan harus seefektif mungkin.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Dasopang, Nuraini, Dorisno Dorisno, dan Nurbaiti Nurbaiti. “PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PKN MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION DI SD NEGERI 100800 SANDEAN KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA T.A 2021/2022”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 3 (Agustus 10, 2021): 83–87. Diakses Desember 22, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/42.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5