PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI “PEMIMPIN DI SEKITARKU” MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 173243 AEK BOTIK

Isi Artikel Utama

tetty zalukhu
Zulfadli Zulfadli
Royhanun Siregar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa serta untuk mengetahui apakah dengan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi “Pemimpin di Sekitarku” melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di kelas VI SD Negeri 173243 Aek Botik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 173243 Aek Botik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah: 1)  Observasi, 2) Tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pada materi “Pemimpin di Sekitarku” di kelas VI SD Negeri 173243 Aek Botik. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 60% siswa yang tuntas, pada siklus II yaitu: 87% siswa yang tuntas.Hal ini membuktikan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II.


 


Kata Kunci:  Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
zalukhu, tetty, Zulfadli Zulfadli, dan Royhanun Siregar. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ‘PEMIMPIN DI SEKITARKU’ MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 173243 AEK BOTIK”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 4 (November 30, 2022): 438–450. Diakses April 26, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/522.
Bagian
Artikel

Referensi

Susanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. PT. Prenamedia Grup

Sinar. 2018. Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Winataputra. 2018. Pembelajaran PKn di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Susanto. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Grup

Shoimin, Aris. 2019. 68 Model Pembelajaran inovatif dalam Kurikulum 2013. Depok: Ar-Ruzz media.

Arafat. 2018. Pembelajaran PPKn. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Daryanto. 2018. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: penerbit gava media

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>