PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 200212 PADANGSIDIMPUAN

Isi Artikel Utama

retno pratiwi anggi
Hennilawati Hennilawati
Nurbaiti Nurbaiti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) serta untuk meningkatkan keterampilan dalam memecahkan masalah tentang matematika. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam 2 (dua) siklus Instrumen penelitian menggunakan lembar pengamatan pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dan soal tes. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 200212 Padangsidimpuan yang berjumlah 15 siswa perempuan dan 21 siswa laki-laki. Penentuan subjek berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang akan diteliti. Hasil penelitian diperoleh rata-rata pada saat siklus I sebesar 68,2 dan kemudian pada hasil tes siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,1. Tingkat ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 47,2 % kemudian ketuntasan belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 88,9%. Artinya ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 41,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 200212 Padangsidimpuan.


Kata Kunci :Hasil Belajar, Pendekatan Matematika Realistik (PMR)


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
anggi, retno pratiwi, Hennilawati Hennilawati, dan Nurbaiti Nurbaiti. “PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 200212 PADANGSIDIMPUAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 2 (Mei 20, 2023): 346–354. Diakses April 26, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/538.
Bagian
Artikel

Referensi

Supardi. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Arta, K. S., Purnawati, D. M. O., &

Sunu, I. G. K. A. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Proposal, Implementasi dan Pelaporan Penelitian Tindakan Kelas pada Guru-Guru SMP Negeri Satu Atap 3 Sukasada. Proceeding Senadimas Undiksha, 290.

Astuti, A. (2018). Penerapan Realistic

Mathematic Education (RME) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 49-61.

Claudia, S., Suryana, Y., & Pranata, O.

H. (2020). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II Pada Perkalian Bilangan Cacah di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 210-221.

Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan

Kelas. Jakarta :Gaung Persada (GP Press)

Fauhah, H., & Rosy, B. (2021).

Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321-334.

Graciella, M., & Suwangsih, E. (2016).

Penerapan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 10(2).

Lubis, Maulana Arafat. 2018.

Pembelajaran PPKn Teori Pengajaran Abad 21 di SD/MI.Yogyakarta :Samudra Biru.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017).

Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Rangkuti, Ahmad Nizar. 2019.

Pendidikan Matematika Realistik. Bandung: Citapustaka Media.

Sucahyo, D. (2013). Penggunaan Media

Puzzle untuk Meningkatan Hasil Belajar di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Sulastri, A. (2016). Penerapan

pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 156-170.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar &

Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta :Prenadamedia Group.

Susilowati, D. (2018). Penelitian

Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01).

Tianingrum, R., & Sopiany, H. (2017).

Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. In Prosiding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika (SESIOMADIKA) (pp. 440-446).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>