PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI LINGKUNGAN ALAM SEKITAR MELALUI MODEL PEMBELAJARANPICTURE AND PICTURE” PADA SISWA KELAS IV SDN 0303 AEK BARGOT KEC SOSOPAN. KAB PADANG LAWAS
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ipa materi lingkungan alam sekitar melalui model pembelajaran Picture And Picturepada siswa kelas IV SDN 0303 Aek BargotKec.Sosopan Kab. Padang Lawas.Penelitian ini akan dilaksanakan di SDN 0303 Aek Bargot Kec.Sosopan, Kab. Padang Lawas. Yaitu pada siswa kelas IV yang berjumlah 17 orang, terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan.Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan oleh guru (sebagai peneliti).Pada penelitan ini, instrumen yang digunakan diantaranya lembar observasi keterampilan guru dan tes lembar soal, serta pengambilan gambar (dokumentasi) pada saat pembelajaran berlangsung.Penelitian ini akan dilaksanakan selama 3 minggu yang dimulai sejak pembuatan proposal bulan Februari – Maret 2021. Penerapan model pembelajaran Picture And Picturemengalami peningkatan pada tiap siklusnya peningkatan pada prasiklus dengan nilai rata-rata 59,12 meningkat menjadi 67,94 pada siklus I kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 82,05. Peningkatan hasil belajar siswa terjadi karena di dalam penerapan model pembelajaran Picture and picture siswa lebih mudah memahami terhadap materi sehingga hasil belajarnya meningkat.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Hasibuan, Nur Azizah, Sukriadi Hasibuan, dan Samakmur Samakmur. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI LINGKUNGAN ALAM SEKITAR MELALUI MODEL PEMBELAJARANPICTURE AND PICTURE” PADA SISWA KELAS IV SDN 0303 AEK BARGOT KEC SOSOPAN. KAB PADANG LAWAS”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 3 (Agustus 10, 2021): 76–82. Diakses November 21, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/270.
Bagian
Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.