PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 5 PAHLAWANKU SUBTEMA 1 PERJUANGAN PARA PAHLAWAN DIKELAS IV SDN 100206 PINTU PADANG

Isi Artikel Utama

Adelia Nasution
Samakmur Samakmur
Sartika Ratih Asmara Nasution

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran active learning untuk meningkatkan hasil belajar tema 5 pahlawanku subtema 1 perjuangan para pahlawan dikelas IV SDN 100206 Pintu Padang, dan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran active learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 5 pahlawanku subtema 1 perjuangan para pahlawan dikelas IV SDN 100206 Pintu Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penerapan model pembelajaran Active Learning pada tema 5 pahlawanku subtema 1 perjuangan para pahlawan mengalami peningkatan hasil belajar terbukti dari siklus I mendapatkan nilai rata-rata kelas 70% dengan kriteria “cukup” dan untuk persentase yang tuntas belajar sebanyak 9 orang atau 47,36% dan tidak tuntas 10 orang atau 52,63% dari 19 siswa meningkatkan pada siklus II pembelajaran tema 5 subtema 1 perjuangan para pahlawan mendapatkan nilai rata-rata 83,1% dengan kriteria “tinggi” dan untuk persentase yang tuntas sebanyak 15 orang atau 78,94% dan yang tidak tuntas 4 orang atau 21,05%. Hal tersebut sudah mencapai target yang peneliti tetapkan dengan kriteria tingkat keberhasilan siswa 71-85 sudah termasuk kriteria “tinggi”.


 


Kata kunci : Penerapan, hasil belajar, Model active learning


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nasution, Adelia, Samakmur Samakmur, dan Sartika Ratih Asmara Nasution. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 5 PAHLAWANKU SUBTEMA 1 PERJUANGAN PARA PAHLAWAN DIKELAS IV SDN 100206 PINTU PADANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 6, 2022): 219–223. Diakses April 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/665.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>