PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 5 PAHLAWANKU SUBTEMA 1 PERJUANGAN PARA PAHLAWAN DIKELAS IV SDN 100206 PINTU PADANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran active learning untuk meningkatkan hasil belajar tema 5 pahlawanku subtema 1 perjuangan para pahlawan dikelas IV SDN 100206 Pintu Padang, dan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran active learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 5 pahlawanku subtema 1 perjuangan para pahlawan dikelas IV SDN 100206 Pintu Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penerapan model pembelajaran Active Learning pada tema 5 pahlawanku subtema 1 perjuangan para pahlawan mengalami peningkatan hasil belajar terbukti dari siklus I mendapatkan nilai rata-rata kelas 70% dengan kriteria “cukup” dan untuk persentase yang tuntas belajar sebanyak 9 orang atau 47,36% dan tidak tuntas 10 orang atau 52,63% dari 19 siswa meningkatkan pada siklus II pembelajaran tema 5 subtema 1 perjuangan para pahlawan mendapatkan nilai rata-rata 83,1% dengan kriteria “tinggi” dan untuk persentase yang tuntas sebanyak 15 orang atau 78,94% dan yang tidak tuntas 4 orang atau 21,05%. Hal tersebut sudah mencapai target yang peneliti tetapkan dengan kriteria tingkat keberhasilan siswa 71-85 sudah termasuk kriteria “tinggi”.
Kata kunci : Penerapan, hasil belajar, Model active learning
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.