PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 101110 AEK BADAK KABUPATEN TAPANULI SELATAN

Isi Artikel Utama

heni wahyuni
Sabri Sabri
Khairuddin Saleh Siregar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA melalui model Snowball Throwing kelas V SD Negeri 101110 Aek Badak Kabupaten Tapanuli Selatan. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 101110 Aek Badak Kabupaten Tapanuli Selatan.Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui lembar soal tes dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Berdasarkan hasil pengamatan observer aktivitas belajar siswa dan guru meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I 77,77% aktivitas siswa dan 75% aktivitas guru. Pada siklus II meningkat 86,11% aktivitas siswa dan 85% aktivitas guru. Hasil belajar siswa diukur melalui tes yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Siklus I mencapai 58,82% atau 10 orang siswa sudah mencapai KKM 41,17% siswa yang belum mencapai KKM. Siklus II meningkat menjadi 90% atau 18 orang siswa sudah mencapai KKM 10% atau 2 orang siswa belum mencapai KKM. Peningkatan hasil belajar mencapai 31 %. Hal tersebut dapat membuktikan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 101110 Aek Badak Kabupaten Tapanuli Selatan .

Rincian Artikel

Cara Mengutip
wahyuni, heni, Sabri Sabri, dan Khairuddin Saleh Siregar. “PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 101110 AEK BADAK KABUPATEN TAPANULI SELATAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 2 (Mei 20, 2023): 390–399. Diakses November 21, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/630.
Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto,Suharsimin,dkk.2017.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta.PT.Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta

Istarani.2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Bandar Slamet Medan . CV.ISCOM Medan

Kurniasih,Imas dan Sani, Berlina. 2020. Model Pembelajaran. Yogyakarta. Kata Pena

Lisnasari,Faizah,Srie.2017.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran IPA di SD Swasta Ichwanussafa Tahun Pelajaran 2016/2017.Dosen Program Studi PGSD Universitas Quality.Jurnal Online Universitas Islam Sumatera Utara.Volume 5 Tahun 2017:131-140.

Pramono,Refo,dkk.2017. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Materi Segitiga dan Segiempat.Pendidikan Matematika JPMIPA FKIP Universitas Bengkulu.Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS).Volume 1 Tahun 2017:2581-253.

Purwanto.2020. Evaluasi Hasil belajar.Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013.Yogyakarta. AR- RUZZ MEDIA.

Sinar. 2018. Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa.Yogyakarta. Deepublish

Suprijono, Agus.2009.Cooveratif learning.Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Suyono dan Hariyanto. 2020. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya offset.

Wiyoko, Tri dan Detika,Aprina.2021.Peningkatan Hasil Dan Proses Belajar IPA Menggunakan Model Kooperatif Snowball Throwing Di Sekolah Dasar.Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Muara Bungo.Jurnal Tunas Pendidikan.Volume 4 Tahun 2021:15-21.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017).Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Kadir, Abdul. "Menyusun dan menganalisis tes hasil belajar." Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 8.2 (2015): 70-81.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3