UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) KELAS IV DI SD NEGERI 155708 PO MANDUAMAS 2 KABUPATEN TAPANULI TENGAH

Isi Artikel Utama

Suci Rusadi Tumanggor
Melwan Ady Rezki Harahap
Sabri Sabri

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar matematika siswa yang belum mencapai KKM (65) siswa kelas IV SD Negeri 155708 PO Manduamas 2. Hal ini disebabkan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang variatif, hanya menggunakan metode ceramah sehingga minat belajar siswa menurun. Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan model Team Games Tournament (TGT) yang dapat meningkatkan kemampuan matematika pada operasi hitung bilangan bulat untuk siswa kelas IV SD Negeri 155708 PO Manduamas 2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan, (1) siklus I pertemuan pertama rata-rata 57,14 (8 siswa lulus), (2) siklus I pertemuan kedua rata-rata 69,47 (11 siswa lulus) , (3) siklus II pertemuan pertama rata-rata 82,63 (tuntas 17 siswa), dan siklus kedua pertemuan kedua rata-rata 87,89 (tuntas 17 siswa). Disimpulkan bahwa penggunaan model Team Games Tournament (TGT) mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 155708 PO Manduamas 2.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Tumanggor, Suci Rusadi, Melwan Ady Rezki Harahap, dan Sabri Sabri. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) KELAS IV DI SD NEGERI 155708 PO MANDUAMAS 2 KABUPATEN TAPANULI TENGAH”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 4, no. 3 (Agustus 16, 2024): 185–193. Diakses Desember 22, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1430.
Bagian
Artikel

Referensi

Anggraini, Vian dan Wasitohadi. 2014. Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Melalui Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Di Sekolah Dasar Virgo Maria 1 Ambarawa Semester II Tahun Pelajaran 2013-2014. Satya Widya. Volume 30 Nomor 2 ; 121-136.

Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Eviliyanida. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif. Volume II Nomor 1; 21-27.

Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2018. Belajar & Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Kalimedia.

Manullang, F.R. 2017. Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tema Quiz Siswa Kelas V SDN 42 Palembang. Jurnal Ilmu Kependidikan. Volume XV Nomor I.

Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Suryani, Amrin, dkk. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT ( Teams Games Tournament) Berbantuan Cara Sengkedan dan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor dan Kelipatan. Indonesian Gender and Society Journal. Volume I Nomor I ; 29-34.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Widayati, Ani. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Volume VI Nomor I ; 87-93.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>