PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA KEADAAN CUACA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS III SD NEGERI 200405 HUTAIMBARU

Isi Artikel Utama

Sangkot Pane
Sartika Rati Asmara Nasution
Erwin Siregar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik sub tema keadaan cuaca menggunakan model Think Pair Share (TPS) di kelas III SD Negeri 200405 Hutaimabaru Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK), Objek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 200405 Hutaimbaru. Subjeknya adalah sebanyak 24 orang. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data adalah lembar observasi, Tes, dan Dokumentasi. Kemudian data hasil penelitian diolah dengan tehnik analisis tes hasil belajar, analisis aktivitas guru, dan analisis aktivitas siswa. Hasil belajar siswa pada sub tema keadaan cuaca kelas III SD Negeri 200405 Hutaimbaru tahun pelajaran 2021/2022 yang ditandai dengan  ketuntasan siswa setiap siklusnya. Yaitu pada siklus I memperoleh persentase 46% dengan rata-rata 70 dan pada siklus II meningkat menjadi 79% dengan rata-rata 85. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada sub tema keadaan cuaca menggunakan model Think Pair Share (TPS) di kelas III SD Negeri 200405 Hutaimbaru Padangsidimpuan.


 


 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pane, Sangkot, Sartika Rati Asmara Nasution, dan Erwin Siregar. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA KEADAAN CUACA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS III SD NEGERI 200405 HUTAIMBARU”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 3 (Agustus 10, 2021): 105–110. Diakses Desember 22, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/76.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4