EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KOMPUTER

Penulis

  • Nirwana Hamdani Daulay Institut Pendidkan Tapanuli Selatan
  • Lukman Hakim Siregar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Sari Wahyuni Rozi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

Efektivitas,, Media pembelajaran,, Macromedia flash

Abstrak

Permasalahan siswa kelas X jurusan TKJ adalah rendahnya prestasi belajar Komputer dan Jaringan Dasar karena guru masih menggunakan metode konvensional sehingga proses belajar mengajar cenderung pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pembelajaran berbasis macromedia flash terhadap prestasi belajar komputer siswa kelas X TKJ jurusan SMKS. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen (one group pretest post test) dengan jumlah sampel 16 siswa yang diambil dengan teknik total sampling. Angket dan tes digunakan dalam pengumpulan data. Lembar angket menunjukkan pembelajaran berbasis macromedia flash adalah 3,4 (kategori baik). Rata-rata hasil belajar komputer siswa sebelum pembelajaran berbasis macromedia flash adalah 54,69 (kategori kurang) dan setelah pembelajaran berbasis macromedia adalah 79,69 (kategori sangat baik). Selanjutnya, uji t sampel berpasangan (SPSS 22) menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) dan ttabel lebih kecil dari thitung (1,753<6,691). Artinya, maka terdapat perbedaan yang efektif dari pembelajaran berbasis macromedia flash terhadap hasil belajar komputer siswa kelas X TKJ jurusan SMKS.

Referensi

Adam. Steffi dan Muhammad Taufik Syastra. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. Dalam Is Journal, Volume 3 No.2 : 79

Alimuddin. 2014. Penilaian Dalam Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Karakter.

Arsyad Azhar. 2019. Media Pembelajaran. PT RAJA GRAVINDO PRASADA. Depok

Arikunto. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta. PT Rineka Cipta

Arikunto.2009. Manajemen Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta. Kencana

Fitriyanto, Sudiana, Wijaya. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Bola Basket.

Hapsari, Pamungkas. 2019. Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro.

Indra Riyana Rahadjeng, Ritapuspita Sari. 2018. Analisis Jaringan Local Area Network (LAN) Pada PT. Mustika Ratu Tbk Jakarta Timur. Volume 5 Nomor 1 Tahun 2018.

Kuswanto, Radiansah. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI.

Mahmud. Nunu. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya Dalam Pembelajaran). Dalam Jurnal Pemikiran Islam ;Vol. 37, No. 1:27.

Noor, Juliansyah. 2016. Metodologi Penelitian. Jakarta:Prenamedia Group

Permendikbud No. 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar

Purwono. Joni,dkk. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Dalam Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 2, No.2 : 27

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-02

Cara Mengutip

Daulay, N. H., Siregar, L. H. ., & Rozi, S. W. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KOMPUTER. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 1(2), 1–4. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/212

Terbitan

Bagian

Informatika