PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN GURU MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Penulis

  • lestari tamba ipts
  • Lukman Hakim Siregar
  • febriani Hastini

Kata Kunci:

persepsi siswa, keterampilan guru, google classroom

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi siswa terhadap keterampilan guru menggunakan google classrom sebagai media pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di SMP Swasta Sariputra  Padangsidimpuan. penelitian dilakukan dengan metode kualittaif. Informant dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII  sebanyak 12 orang dan guru sebanayk 14 orang. Instrument penelitian menggunakan wawancara terhadap siswa dan observasi terhadap guru. Hasil penelitian menunjukkan persepsi siswa terhadap keterampilan guru menggunakan google classrom sebagai media pembelajaran dideskripsikan dengan tiga indikator yang meliputi pengamatan, tanggapan dan perhatian. Untuk indikator pengamatan siswa merasa puas dengan cara guru menanamkan konsep materi  yang diajarkan melalui google classroom. untuk indikator tanggapan siswa merasa bahwa guru dalam mengajar menggunakan gogole classroom sebagai media pembelajar adalah bagus, kreatif dan menarik,  sehingga pembelajaran tidak membosankan. Untuk indikator perhatian, siswa mengatakan bahwa guru selalu memberikan perhatian dan motivasi , hal ini terbukti dari hasil presentasi rata - rata lembar observasi yaitu 90% yang berad pada “kategori sangat baik".

Referensi

Harefa, Nelius, dan Sumiyati. 2020. Persepsi Siswa terhadap Google classroom Sebagai LMS Pada Masa Pandemi Covid-19. Science Education and Application Journal (SEAJ). Volume 2 Nomor 2.

Iskandar. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Gaung Persada. Jakarta.

Partono, dan Mubarokah Ika. 2009. Persepsi Siswa Atas Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Dan Pengelolaan Kelas terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Volume 4 Nomor 1.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta. Bandung.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-02

Cara Mengutip

tamba, lestari, Siregar, L. H., & Hastini, febriani. (2021). PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN GURU MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 1(2), 11–15. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/213

Terbitan

Bagian

Informatika