PERANCANGAN MEDIA BERBASIS 3 DIMENSI MENGGUNAKAN BLENDER 3D DI SMK SWASTA TERUNA

Penulis

  • Wisrah Purnama Putri Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Ermawita Institut pendidikan tapanuli selatan
  • Lukman Hakim Siregar

Kata Kunci:

Perancangan, Media Pembelajaran,, 3 dimensi,, Blender 3D

Abstrak

Permasalahan yang terdapat di SMK Swasta Teruna Padangsidimpuan adalah guru menjelaskan materi pembelajaran masih dengan menggunakan metode ceramah, kurangnya variasi belajar, kurangnya penerapan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran berbasis animasi 3 dimensi pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer menggunakan Blender 3D di SMK Swasta Teruna Padangsidimpuan, untuk mengetahui validitas media pembelajaran berbasis animasi 3 dimensi pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer menggunakan Blender 3D di SMK Swasta Teruna Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode Research And Development (R & D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil dari penelitian ini adalah kualitas produk termasuk Sangat Valid dengan persentase kelayakan 92% dari ahli media dan 89% dari ahli materi dengan kategori Sangat Valid dan persentase kelayakan dari respon siswa adalah 93% dengan kategori Sangat Valid.

Referensi

Ambarita, Arisandy. 2016. Komputer Merakit, Menginstal dan Menggunakan Microsoft Word. Deepublish. Yogyakarta.

Ardhianto Eka, dkk. 2012. Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK. Volume 17 Nomor 2.

Arsyad Azhar. 2019. Media Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada.Jakarta.

Cahyaningtyas Rosita, Iriyani Siska. 2015. Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada SMP Negeri 3 Tulakan, Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. Indonesian Journal on Networking and Security. Volume 4 Nomor 2.

Hidayah Nurul, dkk. 2020. Rancang Bangun Film Animasi 3D Sejarah Terbentunya Kerajaan Samudra Pasai Menggunakan Software Blender. JISKa. Volume 2 Nomor 3.

Kesumaningtyas Febby, Handayani Retty. 2020. Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Rheumatic (Rematik) Dengan Metode Forward Chaining. Jurnal TEKNOIF. Volume 8 Nomor 2.

Muhson Ali. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Volume 8 Nomor 2.

Mujiati Hanik. 2014. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Stok Obat Pada Apotek Arjowinangun. Jurnal Speed. Volume 11 Nomor 2.

Pangemanan Ryan, dkk. 2016. Perancangan Administrasi 3 Dimensi Alur Pengurusan Administrasi Pasien Umum Dan Jaminan Dibagian Rehabiitas Medik RSUP. Jurnal Teknik Informatika. Volume 9 Nomor 1.

Tafonao Talizaro. 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Volume 2 Nomor 2.

Tulenan Virginia, dkk. 2019. Pembuatan Animasi 3 Dimensi Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (Studi Kasus : Tarian Dana Dana Daerah Gorontalo). Jurnal Teknik Informatika. Volume 14 Nomor 2

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-02

Cara Mengutip

Putri, W. P., Ermawita, & Siregar, L. H. (2021). PERANCANGAN MEDIA BERBASIS 3 DIMENSI MENGGUNAKAN BLENDER 3D DI SMK SWASTA TERUNA. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 1(2), 5–10. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/211

Terbitan

Bagian

Informatika

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>