PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI POWTOON TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN

Penulis

  • Indah Permata Sari institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Rahmad Fauzi institut pendidikan tapanuli selatan
  • Sari Wahyuni Rozi Nasution institut pendidikan tapanuli selatan

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Powtoon,, Minat Belajar

Abstrak

Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu kefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pembelajaran  pada saat itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan antara pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Powtoon terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di kelas X multimedia SMK Negeri 4 Padangsidimpuan. Jenis penelitian pada penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yaitu penelitian dengan memperoleh data yang berbentuk angka atau data kualitatif yang diangkakan. Peneliti menggunakan metode eksperimen dengan desain true experimental design dengan jenis postest only control desain. Dalam desain ini terdapat dua kelompok. Kelompk pertama diberi perlakuan (X) dan kelompok yang lain tidak. Kelompok yang diberi perlakuan disebut kelompok eksperimen dan kelompok yang tidak diberi perlakuan disebut kelas control Dari hasil dari uji-t diperoleh nilai signifikan sig. (2-tailed) lebih kecil dari (0,000<0,05) atau t hitung>t table dengan nilai standar deviasi 46077 dan drajat kebebasan (df) 25. Maka tetrdapat perbedaan antara minat belajar  pada mata pelajaran computer dan jaringan dasar dengan kelas yang menggunakan media Powtoon. Ketentuan penerimaan penolakan hipotesis jika signifikansi dibawah atau sama dengan 0,05 maka hipotesis alternative diterima dan hipotesis nihil ditolak.

Referensi

Pengembangan video media pembelajaran matematika dengan bantuan powtoon. Jurnal pemikiran penelitian pendidikan matematika. Volume.2 Nomor.2 (November) 2019, Hal.85-96.

Anjarsari, Elly. 2020. Pengembangan media audiovisual powtoon pada pembelajaran matematika untuk siswa sekolah dasar. Jurnal matematika dan pendidikan matematika. Volume, 5 Nomor.2 September 2020.

Arikunto, Suharsimi.2002. prosedur penelitian. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Dolong, H.M.Jufri. 2016. Teknik analisis dalam komponen pembelajarannya. Volume V, Nomor 2, Juli-Desember 2016

Fauziah. Dkk. 2017. Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN poris gaga 05 kota tangerang.jurnal JPSD. Volume.4 Nomor.1 Tahun 2017.

Friantini, Dkk. 2019. Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. JurnalPendidikan Matematika Indonesia. Volume 4. Nomor 1.bulan Maret 2019. Page 6-11.

Fajar, Sahrul, Dkk.2017. pengaruh penggunaan media powtoon terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan social terpadu. Edutcehnologia. volume 3 Nomor.2, Agustus 2017.

Nasution, H. N. (2022). PERANCANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO 8.5 PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KELAS IX SMP NEGERI 5 MUARA BATANG GADIS. Jurnal Education and Development, 10(1), 438-444.

Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android matakuliah aplikasi komputer guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Education and Development, 5(1), 8-8.

Nasution, H. N., Fauzi, R., & Hidayat, T. (2022). Sistem Pengenalan Biji Kopi Arabika, Robusta, Liberika, Dan Eksalsa Mengunakan Metode S Yuleq. Jurnal Education And Development, 10(1), 415-418.

Nasution, H. N., Rambe, E., & Hidayat, T. (2017). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Elektronik Berbasis Web. Jurnal Education and Development, 6(3), 69-69.

Nasution, S. W. R., & Nasution, H. N. (2020). Perancangan dan Implementasi Bahan Ajar Berbasis Penelitian Microsoft Office 2013 pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal Education and Development, 8(4), 415-415.

Nasution, S. W. R., Nasution, H. N., Fauzi, R., & Harahap, M. S. (2020). Pengaruh Promosi Perguruan Tinggi terhadap Peningkatan Peluang Kerja pada Warga Desa Sampean. Jurnal Education and Development, 8(2), 16-16.

Nasution, S. W. R., Siregar, L. H., & Situmorang, R. S. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 12(1), 269-274.

Pratiwi dan meilani. 2018. Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal pendidikan perkantoran.Volume.3, No,or.2, juli 2018. Halaman.173-181.

Rangkuti, Ahmad, Nizar. 2016. Metode penelitian pendidikan. Bandung: citapustaka media.

Rahma, Fatikh, Inayahyur. 2019. Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bagi AnakSekolah Dasar). Jurnalstudi islam. Volume.14, Nomor 2, Desember 2019.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2014. Metode penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-11-18

Cara Mengutip

Indah Permata Sari, Rahmad Fauzi, & Sari Wahyuni Rozi Nasution. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI POWTOON TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(2), 8–12. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/2138

Terbitan

Bagian

Informatika

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3